Jadi Sorotan, Effendi Simbolon Sampaikan Permohonan Maaf Usai Sebut TNI seperti Gerombolan

- Rabu, 14 September 2022 | 12:38 WIB
Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PDI-Perjuangan, Effendi Simbolon. (ANTARA/ Abdu Faisal)
Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PDI-Perjuangan, Effendi Simbolon. (ANTARA/ Abdu Faisal)

Anggota Komisi I DPR RI Effendi Simbolon menyampai permintaan maaf usai pernyataannya dalam rapat kerja dengan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, yang bilang TNI seperti gerombolan dan lebih-lebih dari Ormas.

“Saya mohon maaf apapun perkataan saya menyinggung, menyakiti tidak nyaman di hati para prajurit,” kata Effendi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (14/9/2022).

Effendi menekankan perkataannya terkait prajurit TNI seperti gerombolan tidak memiliki maksud lain. 

“Saya tekankan, saya sendiri menyatakan tidak ada maksud,” tegas Effendi.

Effendi berucap bahwa ia sangat mencintai institusi TNI sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) sebagai anggota Komisi I DPR, yang bermitra dengan TNI.

Baca Juga: Effendi Simbolon Dilaporkan ke MKD DPR Usai Sebut TNI seperti Gerombolan

“Saya ingin mencintai TNI sesuai tupoksi saya. Dan tidak mengurangi hormat ke hal-hal mungkin ada yang kurang pas,” tandasnya.

Dilaporkan ke MKD

Anggota Komisi I DPR RI Effendi Simbolon dilaporkan ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD).  Adapun Effendi dilaporkan karena pernyataannya dalam rapat kerja dengan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, yang bilang TNI seperti gerombolan dan lebih-lebih dari Ormas.

“Pernyataan beliau mengenai tentang TNI kayak gerombolan itu betul-betul entah nanti belakangan ini tapi bahasa itu betul-betul sangat miris dan tidak didengar lah dalam suasana yang masih kurang kondusif,” kata pelapor yakni Ketua GMPPK Bernard Namang di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (13/9/2022).

Dia tak membayangkan bagaimana perasan para prajurit TNI usai dibilang seperti gerombolan dan lebih dari Ormas. Untuk itu dia mendesak agar Effendi meminta maaf atas pernyataannya.

“Mereka merasa risih gimana TNI dibilang kayak gerombolan nah ini ini yang saya minta supaya bapak Effendi Simbolon apa ya mohon maaf lah atas ucapannya itu kepada prajurit TNI,” tutur Bernard.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X