Cuaca Ekstrem Akan Landa Sebagian Wilayah Indonesia, BMKG: Masyarakat Diminta Waspada

- Rabu, 28 Desember 2022 | 14:50 WIB
Ilustrasi mendung menyelimuti kawasan Bundaran Hotel Indonesia di Jakarta (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)
Ilustrasi mendung menyelimuti kawasan Bundaran Hotel Indonesia di Jakarta (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan adanya potensi cuaca ekstrem yang melanda sebagian wilayah di Indonesia selama dua hari ke depan.

"Potensi cuaca ekstrem di sebagian wilayah Indonesia selama dua hari ke depan (28-30 Desember 2022)," ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, saat dikonfrimasi, Rabu (28/12/2022).

Menurutnya, cuaca ekstrem tersebut berpeluang menimbulkan dampak bencana hidrometeorologi berupa banjir, genangan, dan tanah longsor. 

Berdasarkan prakiraan berbasis dampak Impact-Based Forecast (IBF), daerah sebagian Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTB dan NTT berstatus siaga.

"Wilayah tersebut diprakirakan dapat mengalami hujan lebat yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi," sambung Dwikorita.

Baca Juga: Siap Siaga! BMKG Sebut Ada Potensi Cuaca Ekstrem Terjang di Wilayah Ini  

Kata dia, dampak dari bencana hidrometeorologi berpotensi meningkatkan aliran sungai dan berpotensi akan terjadi banjir bandang.

"Besar kemungkinan hujan lebat tersebut mengakibatkan potensi tanah longsor, guguran bebatuan, atau erosi tanah, terutama di daerah-daerah dataran tinggi dan lereng-lereng perbukitan dan gunung," sambung Dwikorita.

Baca Juga: Soal Cuaca Ekstrem Akhir Tahun, Presiden Jokowi Minta Masyarakat Ikuti Informasi BMKG

Oleh karena itu, ia mengimbau kepada pemerintah daerah dan masyarakat yang bermukim di sepanjang aliran sungai dan perbukitan untum lebih waspada dan bersiaga. Terutama saat hujan lebat yang terjadi cukup lama.

"Mohon kepada masyarakat untuk berhati-hati jika beraktivitas di luar rumah. Jika tidak ada keperluan mendesak, maka sebaiknya di rumah saja menunggu cuaca kembali normal," pungkas Dwikorita Karnawati.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X