Di Era Digital Gini, Kok Kampanye Tatap Muka Masih Diperlukan?

- Rabu, 21 Desember 2022 | 08:25 WIB
Dokumentasi saat kampanye Pilpres 2019. (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)
Dokumentasi saat kampanye Pilpres 2019. (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Peneliti politik senior BRIN, Siti Zuhro mengatakan, operasi darat atau sosialisasi kampanye secara langsung kepada masyarakat, masih sangat perlu bagi parpol dan juga elitnya dalam menyambut Pemilu 2024. Meskipun saat ini, media sosial dan digital berkembang pesat sebagai sarana penyebar informasi. 

“Memang kalau menurut saya Indonesia memasuki masa transisi. Transisi menuju era digital memang dilakukan tetapi tidak mayoritas melakukan itu. Karena Itu partai politik, elit itu sadar kalau operasi darat ini masih diperlukan. Jadi pertemuan offline, langsung dengan masyarakat masih diperlukan untuk yang tidak bisa diatasi dengan opsi digital, maya,” ujar Siti Zuhro kepada wartawan, Selasa (20/12/2022). 

Baca Juga: Kantongi Bukti Kecurangan Verifikasi Faktual, ICW bakal Laporkan Anggota KPU ke DKPP

Zuhro menambahkan, dengan pertemuan tatap muka, maka pesan yang disampaikan bisa diketahui feedbacknya secara langsung. Elit partai bisa melihat mimik wajah, kesungguhan dari kader mereka. 

“Sekaligus juga melihat mimiknya, jadi semuanya, raut muka. Sekarang ini beda ya, mungkin karena kita terbiasa dengan model offline, tetapi  hampir 3 tahun kita melakukan model model yang lebih digital, hybrid, tetapi sekarang mulai berkembang lagi lebih ke bertemu langsung,“ tutur Zuhro. 

Baca Juga: Bawaslu Temui Menag, Bahas Larangan Tempat Ibadah Jadi Tempat Kampanye

Sementara itu, Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin menilai penggunaan strategi darat dan udara dalam pengenalan kandidat atau calon tidak dapat dilepaskan satu sama lain.

"Saya melihat dua-duanya digunakan serangan melalui darat dan udara," ujarnya.

Akademisi dari Universitas Al-Azhar Indonesia itu juga mengungkap strategi darat bertumpu pada cara-cara konvensional seperti silaturahmi, kunjungan, mendatangi tokoh-tokoh masyarakat, membuat baliho ataupun spanduk. Sedangkan cara udara bertumpu pada upaya kreatif di media sosial untuk bisa melakukan sosialisasi atau kampanye terkait prestasi atau keberhasilan seorang calon.

"Kedua strategi ini diharapkan secara bersamaan, beriringan untuk bisa menopang satu sama lain," tegasnya.

Menurutnya, pemilih pada Pemilu 2024 adalah kombinasi antara pemilih lama dan muda, bahkan lebih banyak pemilih muda. Oleh karena itu, ia menyarankan menyasar pemilih lama bisa digunakan cara darat, sedangkan untuk menjangkau anak-anak muda milenial menggunakan media sosial.

"Jadi saya melihat mereka menggunakan dua-duanya. Karena saling melengkapi, baik darat maupun laut," ungkapnya.

Ujang menambahkan kedua metode juga punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Metode pengenalan udara, mempunyai kelebihan seperti lebih berbiaya murah dan mudah menjangkau milenial. 

Kekurangannya tidak semua segmen terkena, karena pemilih konvensional tidak terjangkau media sosial. Sedangkan metode darat, maka akan sangat menghabiskan banyak energi dan logistik. Keuntungannya, publik dan masyarakat bisa lebih mengenal calon.

Halaman:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X