DPRD DKI Usul Bangun RSUD untuk Anak, Pj Gubernur Heru: Berbagai Cara Kita Coba

- Rabu, 26 Oktober 2022 | 19:44 WIB
Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono. (Instagram/@herubudihartono)
Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono. (Instagram/@herubudihartono)

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menanggapi terkait usulan Anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta Merry Hotma untuk dibangunnya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) khusus anak-anak karena merebaknya kasus gagal ginjal akut yang kebanyakan menyerang anak.

"Ya bagus," ucap Heru di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Rabu (26/10/2022).

Lebih lanjut, Heru pun menyebutkan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan melakukan berbagai upaya untuk mengatasi masalah kasus gagal ginjal akut di Ibu Kota, termasuk soal pembangunan RSUD anak itu.

"Berbagai cara kita coba. Nanti dinas kesehatan yang mengkolaborasi mendesain itu," ungkapnya.

Baca Juga: Gagal Ginjal Akut Meresahkan, DPRD Dorong Dibangunnya RSUD Khusus Anak

Kendati demikian, Heru menjelaskan kalau pihaknya sejauh ini masih mengikuti anjuran dan perintah dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk menangani kasus gagal ginjal akut tersebut.

"Ya, kan sudah ada instruksi, sudah ada edaran dari kementerian kesehatan. Kemarin juga dari dinas kesehatan DKI berkomunikasi dengan DPRD. Langkah-langkahnya mudah-mudahan bisa seperti yang kemarin kita persiapkan semuanya," tandas Heru.

Sebelumnya, Merry Hotma mengatakan, rumah sakit khusus anak dapat memperhatikan penyakit akut pada anak, mengingat efek yang akan terjadi berbeda-beda setelah sembuh. Pasalnya, menurut Merry, sangat sulit merujuk anak ke RSUD karena ruangan Pediatric Intensive Care Unit (PICU) dan Neonatal Intensive Care Unit (NICU) kecil.

Baca Juga: Gagal Ginjal Akut Meresahkan, DPRD Dorong Dibangunnya RSUD Khusus Anak

"Sebetulnya itu wajar karena memang rata-rata di RSUD persentase untuk fasilitas PICU dan NICU itu kecil," ujar Merry.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X