Erick Thohir Tegaskan Pembangunan LRT, MRT, dan Kereta Cepat Jalan Terus

- Jumat, 26 Agustus 2022 | 16:00 WIB
Potret kereta cepat KCIC (Instagram/@erickthohir)
Potret kereta cepat KCIC (Instagram/@erickthohir)

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berkomitmen terus mendorong penyelesaian proyek LRT (Lintas Raya Terpadu), MRT (Moda Raya Terpadu), dan Kereta Cepat KCIC. Itu dilakukan Erick Thohir sesuai arahan Presiden Jokowi guna menciptakan ekosistem transportasi yang menyatu.

"Sesuai dengan arahan bapak Presiden @Jokowi, kami akan terus mendorong penyelesaian proyek LRT, MRT, dan kereta cepat KCIC," tulis Erick Thohir di akun instagram resmi @erickthohir, Kamis (25/8/2022).

Lebih jauh Erick Thohir menjelaskan, kereta cepat yang akan menghubungkan Jakarta-Bandung diharapkan bisa mendorong pertumbuhan ekonomi baru di wilayah Jawa barat.

"Pengoperasian kereta cepat diharapkan dapat menciptakan konektivitas kawasan dan mendorong pertumbuhan ekonomi baru di Jawa Barat," kata Erick Thohir lagi.

Erick Thohir melanjutkan, pihaknya ingin membangun kawasan yang di mana ini selama ini kita tahu Jawa Barat sebagai potensi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang tidak kalah pentingnya dengan daerah-daerah lain.

"Artinya apa? Ketika ada Patimban, ada kargo, lalu kami juga ditugaskan baru saja membangun kawasan industri Subang, yang merupakan satu kawasan menyeluruh, ini menjadi konektivitas yang menjadi satu antara logistik dan manusianya," ujar Erik.

Khusus tentang kereta cepat, Erich Thohir memastikan bahwa kereta api cepat ini akan resmi beroperasi pada Juni 2023. Keretanya akan datang pada September ini dan akan dilakukan proses uji coba secara terus menerus.

"Kereta cepat kita sampaikan insya Allah bulan September ini kita akan kedatangan kereta cepatnya dan kita akan terus uji coba dan Insya Allah tahun depan, bulan Juni sudah mulai beroperasi," ucap Erick Thohir.

-
Erick Thohir Tegaskan Pembangunan LRT, MRT, dan Kereta Cepat Jalan Terus (Istimewa)

Lebih jauh Erick Thohir menjelaskan, penyelesaian pembangunan semua infrastruktur ini adalah bagian dari upaya pemerintah membangun ekosistem yang menyeluruh dan satu kesatuan di sektor transportasi, khususnya di Kota Jakarta dan wilayah Jawa Barat.

"Kita tahu bagaimana LRT ini sekarang ditambah kereta api luar yang sudah dibangun oleh KAI, di tambah MRT yang kemarin juga Bapak Presiden menyampaikan Jepang komit untuk membantu dalam  arti pendanaan dan pembangunan MRT secara berkelanjutan," jelas Erick Thohir.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Erick Thohir (@erickthohir)

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X