Kader Gerindra Berpeluang Masuk Kabinet Jokowi, Siapa Kandidatnya?

- Jumat, 4 Oktober 2019 | 17:20 WIB
Wakil Ketua Partai Gerindra, Fadli Zon (kiri) dan Edhy Prabowo. (Kolase/DPR/Antara/Fikri Yusuf)
Wakil Ketua Partai Gerindra, Fadli Zon (kiri) dan Edhy Prabowo. (Kolase/DPR/Antara/Fikri Yusuf)

Kedekatan PDI Perjuangan dengan Gerindra kian erat. Ketua Umum kedua partai, Megawati Soekarnoputri (PDIP) dengan Prabowo Subianto (Gerindra) terus menjalin komunikasi.

Teranyar, keduanya saling berbicara terkait masalah pemilihan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). 

'Kemesraan' Prabowo dengan Megawati ini memperkuat sinyal bakal masuknya kader Gerindra ke dalam lingkaran pemerintah. Banyak yang menyakini Presiden Joko Widodo akan memilih salah satu politisi Gerindra untuk masuk dalam susunan kabinet.

Muncul beberapa nama yang jadi kandidat. Dua nama Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon dan Edhy Prabowo, termasuk di dalamnya. 

-
Wakil Ketua Partai Gerindra Fadli Zon. (Antara/Fikri Yusuf)

Nama Fadli Zon kian muncul ke permukaan setelah tak lagi mewakili Gerindra di jajaran Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Kabarnya, Prabowo akan memberikan tugas khusus kepada pria berusia 48 tahun tersebut.

Bisa jadi, tugas itu adalah membantu Jokowi di pemerintahan.

Menteri Pertanian

Sementara nama Edhy sebenarnya sudah lama muncul. Ada kabar yang menyebut Jokowi secara khusus meminta Ketua Komisi IV DPR RI periode 2014-2019 itu menjadi menteri pertanian. 

Posisi yang bukan lahan baru untuk Edhy. Seperti diketahui, Komisi IV memang fokus di bidang pertanian. 

Jika merunut pernyataan Jokowi soal sosok yang bakal masuk kabinetnya, nama Fadli Zon dan Edhy memang sangat masuk akal untuk terpilih. Keduanya merupakan sosok berpengalaman, meski tak masuk dalam kategori milenial. 

Termasuk Sandiaga Uno?

-
Sandiaga Uno. (Instagram/@sandiuno)

Sebenarnya masih ada satu nama yang juga diisukan bakal jadi menteri Jokowi dari Gerindra, yaitu Sandiaga Uno. Namun, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu saat ini berstatus eks kader Gerindra. 

Meski demikian, ada kesempatan untuk Sandiaga kembali masuk dalam partai berlambang kepala garuda tersebut. Jika itu terjadi, nama Sandiaga berpeluang besar masuk dalam jajaran kabinet Jokowi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X