Anjing di Inggris Bakal Dilatih Mendeteksi Virus Corona

- Rabu, 1 April 2020 | 12:30 WIB
Ilustrasi anjing yang dilatih untuk bisa mendeteksi COVID-19. (Unsplash)
Ilustrasi anjing yang dilatih untuk bisa mendeteksi COVID-19. (Unsplash)

Inggris berencana akan melatih anjing agar bisa mengendus virus corona. Rencana ini merupakan usulan dari Medical Detection Dogs Inggris bekerja sama dengan Durham University dan London School of Hygiene and Tropical Medicine (LSHTM).

Mereka memanfaatkan kemampuan penciuman anjing untuk mendeteksi pandemi tersebut. Mereka yakin bahwa anjing bisa mendeteksi virus corona.

"Pada prinsipnya, kami yakin bahwa anjing dapat mendeteksi Covid-19. Kami sekarang sedang mencari tahu bagaimana dapat menangkap 'bau' virus corona dari pasien yang terinfeksi, kemudian menunjukkannya kepada anjing," kata CEO Medical Detection Dogs, Claire Guest, dilansir dari FOX.

Nantinya, anjing yang bisa mendeteksi virus diharapkan bisa membantu pihak berwenang untuk mengungkap kasus positif terinfeksi virus corona.

Dilansir dari New York Post, Medical Detection Dogs sebelumnya pernah melatih anjing untuk bisa mendeteksi pasien kanker, parkinson dan malaria. Medical Detection Dogs juga menyebutkan bahwa setiap penyakit memiliki aroma tersendiri.

Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa anjing bisa mendeteksi malaria dengan tingkatan bau sesuai dengan standar diagnosa WHO.

Anjing juga disebut dapat mendeteksi suhu kulit. Karena itu, anjing bisa tahu saat ada seseorang yang mengalami demam.

Meski demikian, masih belum dipastikan apakah anjing benar-benar bisa mendeteksi virus corona atau tidak. Namun, anjing di Inggris akan tetap dilatih dengan cara mencocokkan hasil penciuman anjing dengan hasil tes virus corona dari lab.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X