Kekuatan Nabi Ibrahim As Dan Keluarga Yang Patut Diteladani

- Senin, 12 Agustus 2019 | 15:12 WIB
ANTARA/Muhammad Zulfikar
ANTARA/Muhammad Zulfikar

Idul Adha atau yang dikenal juga sebagai Lebaran Haji adalah salah satu hari besar bagi umat muslim di seluruh dunia. Hari Raya Idul Adha jatuh setiap tanggal 10 Dzulhijjah dalam kalender Islam atau tepat 70 hari setelah perayaan Hari Raya Idul Fitri yang jatuh pada 1 Syawal.

-
ANTARA/Feri Purnama

 

Perayaan Idul Adha yang identik dengan penyembelihan hewan kurban ini berawal dari sejarah Nabi Ibrahim dan Putranya, Nabi Ismail. Nabi Ibrahim diminta untuk mengurbankan anaknya atas perintah Allah. Namun, Allah menggantinya dengan seekor domba, yang hingga kini diperingati sebagai prosesi penyembelihan hewan saat Hari Raya Idul Adha tiba. Kejadian ini menjadi bukti ketakwaan seorang hamba kepada sang pencipta.

Tak hanya itu, ada kekuatan dari pribadi Nabi Ibrahim AS dan keluarganya yang wajib diteladani oleh umat muslim. Dalam sebuah ceramah di salah satu masjid di Jakarta, Ustaz Tubagus Fuad El Hasan mengungkapkan ada lima kekuatan yang bisa diterapkan oleh masyarakat dalam kehidupan berbangsa.

1. Iman yang kuat

-
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

 

Nabi Ibrahim AS pernah menentang Raja Namrud untuk menyembah berhala. Ini dilakukan oleh Nabi Ibrahim karena bertentangan, menyimpang dari perintah dan menduakan Allah SWT. Ini menjadi pelajaran berharga untuk umat muslim agar memiliki iman yang kuat, akidah yang kokoh dan tauhid di jalan yang benar.

2. Berakhlak yang baik

-
ANTARA FOTO/Jojon

 

Kekuatan kedua yang bisa kita pelajari yaitu, keikhlasan sosok Nabi Ismail, putra Nabi Ibrahim AS yang rela disembelih untuk menuruti perintah Allah. Inilah kekuatan yang harus diteladani oleh umat muslim agar senantiasa untuk berakhlak dan berbudi pekerti yang baik.

3. Kekuatan ilmu pengetahuan

-
ANTARA/Darwin Fatir

 

Umat muslim dituntut untuk memiliki wawasan ilmu pengetahunn yang kuat dan luas. Tidak hanya sebatas mencari ilmu untuk memperoleh predikat gelar akademik saja.

4. Menjaga ukhuwah islamiyah

-
ANTARA/Hanni Sofia

 

Untuk memperkuat kekuatan kaum muslim dalam menghadapi berbagai persoalan, diperlukan ukhuwah islamiyah yang kuat. Ustaz Tubagus mengungkapkan bahwa kekuatan islam sangat besar untuk menghadapi berbagai permasalahan.

"Kita memiliki kekuatan besar dalam menghadapi masalah umat muslim, oleh karena itu ukhuwah islamiyah penting dijaga," ungkapnya.

5. Mencari rezeki dengan cara yang halal

-
ANTARA FOTO/Aji Styawan

 

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X