Lawan China, Jepang dan AS Susun Rencana Operasi Gabungan untuk Lindungi Taiwan

- Jumat, 24 Desember 2021 | 10:44 WIB
Kiri: John Aquilino, Komandan Komando Indo-Pasifik AS, Kanan: PM Jepang Fumio Kishida. (REUTERS/Issei Kato)
Kiri: John Aquilino, Komandan Komando Indo-Pasifik AS, Kanan: PM Jepang Fumio Kishida. (REUTERS/Issei Kato)

Perseteruan antara China dan Taiwan masih terus berlanjut. China yang mengklaim Taiwan sebagai wilayahnya, telah meningkatkan tekanan militer yang memicu kemarahan Taiwan dan jadi perhatian Amerika Serikat (AS).

Dilansir Reuters, pada hari Kamis (23/12/2021) angkatan bersenjata Jepang dan AS telah menyusun rencana untuk melakukan operasi gabungan guna melawan China.

Berdasarkan rencana tersebut, Korps Marinir AS akan mendirikan pangkalan sementara di rantai pulau Nansei yang membentang dari Kyushu, salah satu dari empat pulau utama Jepang, hingga Taiwan.

Baca juga: Jepang dan AS Tak akan Diam jika China Serang Taiwan

Sementara itu, angkatan bersenjata Jepang akan memberikan dukungan logistik di berbagai bidang, seperti amunisi dan pasokan bahan bakar.

Pada Oktober, pemerintah Jepang mengisyaratkan lebih tegas terhadap sikap agresif China kepada Taiwan. Jepang juga mempersiapkan berbagai skenario sambil mempererat hubungannya dengan AS.

Awal bulan ini, mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan bahwa Jepang dan Amerika Serikat tidak akan tinggal diam jika China menyerang Taiwan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X