The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kebijakan Boleh Lepas Masker di Ruang Terbuka Dinilai Bukti Pemerintah Tidak Terlena
Pekerja berjalan di trotoar kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta. (ANTARA/Indrianto Eko Suwarso)
News

Kebijakan Boleh Lepas Masker di Ruang Terbuka Dinilai Bukti Pemerintah Tidak Terlena

Rabu, 18 Mei 2022 16:51 WIB 18 Mei 2022, 16:51 WIB

INDOZONE.ID - Anggota Komisi IX DPR RI Luqman Hakim mendukung langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mulai melonggarkan aturan penggunaan masker di ruang terbuka. Diketahui Presiden Jokowi menyebut masyarakat bisa membuka masker di ruang terbuka dan tidak di tempat yang ramai.

Menurut Politikus PKB ini adanya kebijakan tersebut mencerminkan pemerintah konsisten, sistematis, terukur dalam melakukan pengendalian pandemi Covid-19 d Indonesia.

"Kebijakan ini mencerminkan pemerintah yang tetap konsisten, sistematis dan terukur dalam melakukan pengendalian Covid-19. Tidak mudah terlena dan gegabah merespons fenomena Covid-19 yang belakangan ini terbukti melandai," kata Luqman kepada Indozone, Rabu (18/5/2022).

Dia bilang adanya keputusan ini sebagai gambaran bahwa menunjukkan keberhasilan penanganan atas pandemi covid-19 yang dilaksanakan pemerintah selama ini.

Keberhasilan ini juga berkat peran aktif masyarakat yang secara umum mematuhi berbagai kebijakan pengendalian Covid-19 yang ditetapkan pemerintah.

"Saya sepenuhnya mendukung kebijakan Presiden Jokowi yang secara bertahap melakukan "normalisasi" kehidupan masyarakat dari pandemi Covid-19," jelas dia.

"Pencabutan secara bertahap kebijakan-kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat seiring makin terkendalinya pandemi Covid-19, adalah bukti pemerintah memiliki perencanaan matang, tidak buru-buru dan mengutamakan kesehatan dan keselamatan rakyat," tambahnya.

BACA JUGA: Mulai Kewalahan Hadapi Covid-19, Korut Jemput Pasokan Medis dari China

Kemudian Luqman mengingatkan kepada masyarakat agar dapat memberikan dukungan penuh kepada kebijakan normalisasi secara bertahap. Dia optimis pemerintah tidak sedang ingin memelihara pembatasan-pembatasan agar masyarakat merasakan kesulitan.

"Tetapi, semata karena pemerintah bermaksud memastikan pandemi Covid-19 berakhir dengan mengutamakan keselamatan hidup masyarakat," tukasnya.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuat kebijakan terbaru terkait pandemi Covid-19. Salah satunya mengenai pelonggaran kebijakan memakai masker di tempat terbuka.

Jokowi berkata pelonggaran ini dengan memperhatikan kondisi penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia. Di mana disebutnya semakin terkendali.

“Pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker. Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang maka diperbolehkan untuk tidak mengenakan masker,” kata Jokowi dalam konferensi pers, Selasa (17/5/2022).

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Harits Tryan Akhmad
JOIN US
JOIN US