Demi Selamatkan Putin dari Perang Nuklir, Rusia Bikin Versi Baru 'Pesawat Kiamat'

- Rabu, 28 Juli 2021 | 09:42 WIB
Ilyushin Il-80, yang dijuluki sebagai pesawat kiamat saat berada di Moskow, Rusia (REUTERS)
Ilyushin Il-80, yang dijuluki sebagai pesawat kiamat saat berada di Moskow, Rusia (REUTERS)

 

Rusia diketahui tengah rancang versi terbaru dari 'Pesawat Kiamat' era soviet yang terkenal.

Pesawat tersebut nantinya digunakan untuk menampung para pemimpin negara terutama Presiden Vladimir Putin untuk menjauhkan mereka dari bahaya, jikalau terjadi perang nuklir habis-habisan di darat.

Proyek tersebut diungkap oleh kantor berita RIA Novosti. Pihaknya mengatakan jika pesawat baru tersebut dirancang berdasarkan Il-96-400M berbadan lebar, yang dibuat oleh produsen pesawat Ilyushin.

Pemerintah Rusia dikabarkan akan menerima 2 buah pesawat. Pesawat tersebut selain digunakan bagi para petinggi, nantinya juga digunakan sebagai pos komando jarak jauh, yang bisa memungkinkan pemimpin mengirim perintah dari langit.

Dengan teknologi paling terbaru, pesawat tersebut nantinya memiliki jangkauan yang lebih jauh serta kemampuan mengisi bahan bakar di udara, bahkan dapat berkomunikasi dengan kapal selam dalam radius 6.000 km.

Saat ini, Pasukan Dirgantara Rusia memiliki total 4 pos komando udara Il-80. Pesawat yang dibuat selama periode Soviet, dibangun berdasarkan pesawat penumpang Il-86, diterbangkan selama bertahun-tahun oleh maskapai seperti Aeroflot.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X