Mengenang Mensesneg Sudi Silalahi Semasa Hidup, Dikenal Sebagai Orang Kepercayaan SBY

- Selasa, 26 Oktober 2021 | 10:45 WIB
(Kiri) Sudi Silalahi. / (kanan) SBY. (Instagram/@AnnisaPohan)
(Kiri) Sudi Silalahi. / (kanan) SBY. (Instagram/@AnnisaPohan)

Mantan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Sudi Silalahi dikabarkan meninggal dunia pada Senin (25/10/2021). Ia menghembuskan nafas terakhirnya pada pukul 23.50 WIB di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.

Sudi Silalahi pernah menjabat sebagai Mensesneg di periode kedua Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dari tahun 2009 sampai 2014 atau selama satu periode. Sebelumnya, ia juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Kabinet.

Sudi Silalahi mengawali karirnya dari militer. Ia merupakan lulusan Akabri pada tahun 1972. Selama di militer, ia pernah menjabat sebagai Wakil Kasospol ABRI tahun 1996 sampai 1997.

Sudi juga pernah menjadi Kepala Staf Kodam Jaya pada tahun 1998 dan Pangdam V Brawijaya, Surabaya pada tahun 1999. Ia kemudian mengakhiri karir militernya dengan pangkat terakhir sebagai Letnan Jenderal.

Setelah pensiun dari dunia militer, Sudi diberi kepercayaan menjadi sekretaris SBY yang saat itu menjabat sebagai Menteri koordinator Politik dan Keamanan di bawah kepemimpinan Megawati.

Hingga SBY menjadi presiden, Sudi kembali dipercaya SBY menjadi Sekretaris Kabinet Indonesia Bersatu periode 2009-2014. Hingga akhirnya, Sudi diangkat SBY menjadi Mensesneg.

Kedekatan Sudi Silalahi dan SBY tidak perlu dipertanyakan lagi. Bahkan, jenderal berdarah Batak itu disebut-sebut sebagai tangan kanan atau orang kepercayaan SBY. Sumbangsih Sudi Silalahi dalam terpilihnya SBY bahkan cukup besar.

-
Sudi Silalahi. (Dok.Istimewa)

Lahir di Tanah Batak besar di Tanah Jawa

Sudi Silalahi lahir di Pematangsiantar, Sumatera Utara pada 13 Juli 1949. Ia bersama sembilan saudaranya dibesarkan oleh ayahnya, Abdul Aziz Silalahi menjadi pribadi yang disiplin.

Tak berniat menjadi tentara, Sudi sebenarnya ingin melanjutkan sekolah ke ITB. Namun tak kesampaian. Namun, ternyata ia ditakdirkan bergabung menjadi TNI. Karir Sudi melesat setelah setelah berkecimpung ke dunia militer dan pemerintahan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X