Dirjen Kemendag Tersangka Kasus Korupsi Minyak Goreng, Jokowi Minta Diusut Tuntas!

- Rabu, 20 April 2022 | 15:01 WIB
Presiden Joko Widodo. (Dok. Humas Kemensetneg)
Presiden Joko Widodo. (Dok. Humas Kemensetneg)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta aparat hukum untuk mengusut tuntas para mafia minyak goreng. Hal ini diungkapkannya setelah adanya penetapan empat tersangka oleh Kejaksanaa Agung (Kejagung) RI. 

“Saya minta diusut tuntas sehingga kita bisa tahu siapa ini yang bermain ini bisa mengerti,” ujar Jokowi dalam keterangan pers, di Pasar Bangkal Baru, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Rabu (20/04/2022). 

Lebih lanjut, Jokowi menilai bahwa saat ini minyak goreng masih menjadi masalah di tengah masyarakat. Ia pun berharap agar harga minyak goreng dapat kembali mendekati harga normal. 

“Kita ingin harganya yang lebih mendekati normal. Jadi memang harganya tinggi, karena apa? Harga di luar, harga internasional itu tinggi banget sehingga kecenderungan produsen itu penginnya ekspor karena memang harganya tinggi di luar,” terangnya. 

Baca juga: Denise Chariesta Disemprot Lucinta Luna Usai Sebut Artis Senior 'Purba': Songong Lu!

Diberitakan sebelumnya, Kejagung menetapkan empat orang tersangka dalam kasus dugaan korupsi ekspor minyak goreng pada. Salah satunya adalah Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan (Dirjen PLN Kemendag) Indrasari Wisnu Wardhana.  

"Pertama terdapat Esselon 1, pada Kementerian Perdagangan bernama IWW Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri," ucap Jaksa Agung ST Burhanuddin dalam konferensi persnya, Selasa (19/4/2022).  

Sementara itu, tiga tersangka lainnya merupakan pihak swasta, yakni MPT selaku Komisaris PT Wilmar Nabati Indonesia, SMA selaku Senior Manager Corporate Affair Permata Hijau Grup (PHG), serta PT selaku General Manager di Bagian General Affair PT Musim Mas. 

"Penetapan ini berdasarkan penyelidikan dari memeriksa 19 saksi 596 dokumen dan ahli," ungkapnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X