Kekurangan Listrik di China Picu Kekhawatiran Global

- Selasa, 28 September 2021 | 09:51 WIB
Seorang pria berjalan di dekat pembangkit listrik tenaga batu bara di Harbin, provinsi Heilongjiang, China. (REUTERS/Jason Lee)
Seorang pria berjalan di dekat pembangkit listrik tenaga batu bara di Harbin, provinsi Heilongjiang, China. (REUTERS/Jason Lee)

Meluasnya kekurangan listrik di timur laut China membuat rumah-rumah tanpa listrik dan menghentikan produksi di banyak pabrik. Sementara itu, beberapa toko beroperasi dengan mengandalkan cahaya dari lilin.

Di media sosial, penduduk di timur laut China melaporkan pemadaman listrik dan meminta pemerintah untuk memulihkan.

Menurut  laporan media pemerintah, penjatahan telah diterapkan selama jam sibuk sejak minggu lalu, sementara  penduduk kota termasuk Changchun mengatakan pemotongan terjadi lebih cepat dan berlangsung lebih lama.

Dilansir Guardian, krisis listrik China disebabkan oleh pasokan batu bara yang ketat dan standar emisi yang semakin ketat, merugikan produksi di industri di beberapa wilayah dan menimbulkan risiko bagi rantai pasokan global yang sudah tegang.

Di timur laut, pabrik-pabrik tidak beroperasi untuk menghindari penggunaan energi yang melebihi batas yang diberlakukan oleh Beijing untuk meningkatkan efisiensi.

Baca juga: Momen Warga China Berdesak-desakan Berebut Beli iPhone 13, Mal Jadi Lautan Manusia

Ekonom dan kelompok lingkungan mengatakan produsen menghabiskan kuota tahun ini lebih cepat dari yang direncanakan karena permintaan ekspor pulih dari pandemi virus corona.

Di kota Liaoyang, 23 orang dirawat di rumah sakit karena keracunan gas setelah ventilasi di pabrik pengecoran logam dimatikan setelah pemadaman listrik.

Penangguhan produksi di beberapa pabrik memicu kekhawatiran atas kemungkinan kekurangan barang menjelang Natal, termasuk smartphone.

Dampak pada rumah dan pengguna non-industri datang ketika suhu malam hari dingin di kota-kota paling utara China. Administrasi Energi Nasional telah memberi tahu perusahaan batu bara dan gas alam untuk memastikan pasokan energi yang cukup untuk menjaga rumah tetap hangat selama musim dingin.

Sementara itu, di provinsi Liaoning pembangkit listrik telah menurun secara signifikan sejak Juli, dan kesenjangan pasokan melebar ke tingkat parah minggu lalu.

Tekanan kekuatan itu membuat pasar saham China gelisah pada saat ekonomi terbesar kedua di dunia itu sudah menunjukkan tanda-tanda perlambatan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X