Prabowo Bertemu Wamenhan Arab Saudi Pangeran Khalid: Ngopi Bareng hingga Bahas Militer

- Selasa, 8 Maret 2022 | 18:01 WIB
Menhan Prabowo Subianto bertemu Wakil Menteri Pertahanan Arab Saudi Pangeran Khalid bin Salman di Riyadh. (Dok. Kemhan RI)
Menhan Prabowo Subianto bertemu Wakil Menteri Pertahanan Arab Saudi Pangeran Khalid bin Salman di Riyadh. (Dok. Kemhan RI)

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto melakukan pertemuan Wakil Menteri Pertahanan Arab Saudi Pangeran Khalid bin Salman pada Senin (7/3/2022) di Riyadh, Arab Saudi.

Dalam pertemuan tersebut, Prabowo menghadiri undangan makan pagi bersama Pangeran Khalid Bin Salman yang didampingi Panglima Angkatan Bersenjata Saudi Arabia.

Keduanya juga menikmati kopi khas Arab Saudi sambil bertukar pikiran tentang pertahanan.

Pertemuan membahas upaya peningkatan kerja sama militer dan pertahanan serta isu-isu global dan regional yang menyangkut kepentingan kedua negara.

Keduanya juga membicarakan penjajakan potensi kerja sama industri pertahanan serta peningkatan kerja sama pendidikan.

Baca juga: Wacana Penundaan Pemilu 2024 Ingin Jegal Prabowo Jadi Presiden?

Kerja sama pertahanan antara Republik Indoensia dan Kerajaan Arab Saudi telah terjalin dengan baik selama ini. 

“Kerja sama tersebut dikukuhkan dengan Defence Cooperation Agreement (DCA) Between the Government of the Republic of Indonesia and the Government of the Kingdom of Saudi Arabia, pada 23 Januari 2014 di Jakarta dan diratifikasi pada tahun 2018,” mengutip laman Kementerian Pertahanan, Selasa (8/3/2022).

Dalam bidang pendidikan, Kemhan RI dan Kemhan Arab Saudi telah memiliki program kerjasama pertukaran Perwira sebagai implementasi kerja sama pendidikan dan perlatihan.

Indonesia telah mengirimkan 178 orang untuk mengikuti Pendidikan di Arab Saudi dalam kurun waktu 2014-2022, berupa Sesko Angkatan dan Kursus pencerahan penanggulangan ekstrimisme.

Sedangkan Arab Saudi telah mengirimkan dua orang untuk mengikuti Sesko TNI dan Sesko Angkatan Darat. Permintaan terkait penambahan seat Sesko di tiap Angkatan pun akan terus ditambah.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X