Sosok Emir Moies Eks Koruptor yang Diangkat Jadi Komisaris Anak Usaha BUMN, Lulusan ITB

- Jumat, 6 Agustus 2021 | 15:38 WIB
Emir Moeis. (Museumkoruptor Blogspot)
Emir Moeis. (Museumkoruptor Blogspot)

Nama Emir Moeis belakangan ini ramai diperbincangkan karena diangkat menjadi salah satu komisaris anak usaha BUMN, PT Pupuk Iskandar Muda (PIM). Sebabnya adalah, Emir merupakan mantan koruptor dan pernah mendekam di penjara.

Jejak Emir inilah yang menjadi tanda tanya, bagaimana bisa ia diangkat menjadi komisaris padahal sebelumnya terjerat kasus korupsi?

Emir pernah terlibat kasus korupsi suap proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU di Tarahan, Lampung. Kasus tersebut membawanya mendekam di penjara selama 3 tahun dan didenda Rp150 juta. Dia terbukti menerima suap 357.000 dollar AS dari Alston Power Inc AS dan Marubeni Inc Jepang.

Dia dianggap melanggar Pasal 11 Undang-Undang nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan Undang-Undang nomor 20 tahun 2001.

Selain terlibat kasus korupsi proyek, nama Emir Moeis juga pernah disebut-sebut dalam kasus korupsi Bank Century yang sudah merugikan negara sebesar Rp6,7 triliun.

Rentetan kasus yang menjerat Emir Moeis tak membuat politikus PDIP tersebut 'menghilang'. Tepat pada 18 Februari 2021, ia diangkat menjadi komisaris anak usaha BUMN, Pt Pupuk Iskandar Muda.

Baca juga: Tidak Dilemahkan, KPK China Tangkap 9.165 Buronan Koruptor yang Sembunyi di Luar Negeri

Lulusan Universitas bergengsi ITB

Emir Moeis lahir pada tanggal 27 Agustus 1950. Dia lulus SD dan SMP di Cikini, Jawa Barat. Dia merupakan lulusan SMA Negeri 3 Jakarta pada tahun 1975.

Setelah itu, Emir kembali melanjutkan pendidikan di universitas bergengsi Indonesia, Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 1975. Kemudian, ia kembali melanjutkan pendidikan S2 di Universitas Indonesia.

Karir Emir cukup cemerlang. Pada tahun 1999-2004, ia terpilih menjadi anggota DPR RI. Setelah itu, ia menjabat sebagai Pansus Pertamina pada tahun 2003.

Lalu, Emir kembali menjabat sebagai wakil Ketua Komisi VIII pada periode 2000-2003 dan Ketua Komisi IX pada periode 2003-2004. Kini, Emir menjabat sebagai Komisaris anak usaha BUMN.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X