Setelah Partai Pandai, Kini Ada Lagi Partai Baru yang Isinya Para Loyalis Anas Urbaningrum

- Senin, 1 November 2021 | 09:16 WIB
Mantan Ketua Umum DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum (kiri) bersama Gede Pasek Suardika (kanan). (ANTARA FOTO/Dewi Fajriani)
Mantan Ketua Umum DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum (kiri) bersama Gede Pasek Suardika (kanan). (ANTARA FOTO/Dewi Fajriani)

Belum lama ini, kita disuguhkan dengan berita adanya partai baru yakni Partai Pandai yang dimotori oleh pengacara Farhat Abbas. Kini muncul lagi partai baru yang diberi nama Partai Kebangkitan Nusantara (PKN).

PKN sendiri kini diketuai oleh mantan politisi Partai Hanura, Gede Pasek. Dimana anggotanya mayoritas diisi para loyalis mantan politisi Partai Demokrat, Anas Urbaningrum.

"Sebenarnya begitu mendengar seringnya ide dan gagasan politiknya dihambat sehingga tidak bisa maksimal, kami sudah meminta Gede Pasek Suardika untuk keluar saja dan merintis dari nol dan lebih sehat," kata Sekjen PKN Sri Mulyono dalam keterangannya kepada Indozone dikutip Senin (1/11/2021).

Sri Mulyono menjelaskan kegelisahan Gede Pasek yang enggan meninggalkan Hanura karena sudah mempunyai hubungan erat dengan kader-kader di daerah. Ia pun merayu Gede Pasek agar mau membangun PKN karena pemikirannya yang mumpuni di bidang politik harus diberikan ruang berkreativitas.

"Begitu bersedia, GPS meminta ide gagasan politik kebangsaan yang diimpikan bisa dijadikan tulang punggung perjuangan, maka lahirlah Partai Kebangkitan Nusantara," kata Sri.

Akhirnya dengan pertimbangan kalkulasi waktu dan kesiapan untuk penataan partai, Gede Pasek pun bersedia. Dengan gerak cepat, para aktivis dan mantan anggota DPR berkumpul menyiapkan prosesnya.

Kini, partai yang dibangun dengan semangat gotong royong dan berdikari itu langsung selesaikan struktur pusat dan mulai menyiapkan embrio di daerah. Bahkan sekretariat partai ini juga memilih homebase di kawasan Menteng Jakarta.

"Saya yang gembira bisa bersama GPS bangun partai. Banyak teman eks Demokrat, Hanura serta para aktivis PPI dan alumni Cipayung plus yang sudah tahu kapasitasnya langsung meminta bergabung. Apalagi integritas politiknya tidak bisa diragukan lagi," kata mantan anggota DPR RI Mirwan Amir.

Mirwan menuturkan bahwa pihaknya mempunyai target pada bulan Desember ini sudah selesai 34 provinsi dan lanjut pembentukan Pimcab Pimcab di tingkat kabupaten kota.

"Kami senang semangat gotong royong dan berdikari sebagai landasan perjuangan PKN dengan cepat tumbuh pesat dan dipahami," tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X