Nah Lho! Jalur Sepeda Belum Rampung, Jumlah Pesepeda di Jakarta Malah Turun Drastis

- Jumat, 30 April 2021 | 13:36 WIB
Pesepeda melintasi jalur khusus sepeda yang telah diberikan pembatas jalur permanen di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta. (Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay)
Pesepeda melintasi jalur khusus sepeda yang telah diberikan pembatas jalur permanen di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta. (Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI melalui Dinas Perhubungan DKI menyebut terjadi penurunan jumlah pengguna sepeda di Jakarta selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro.

"Volume lalu lintas sepeda mengalami penurunan sebesar 21,57 persen," tulis Kadishub DKI Syafrin Liputo dalam datanya kepada wartawan, Jumat (30/4/2021).

Rinciannya, penurunan volume pesepeda yang melintas di jalanan Ibu Kota sebesar 20,57 persen pada 31 Maret sampai 27 April. Angka ini menurun dibandingkan saat pemberlakukan PSBB transisi 12 Januari sampai 8 Februari lalu.

Baca Juga: KKB Papua Dicap Teroris, DPR: Ini yang Memang Ditunggu!

Penurunan minat masyarakat untuk bersepeda tersebut berbanding terbalik dengan upaya yang dilakukan oleh Pemprov DKI. Pasalnya, kini Dishub DKI Jakarta, sedang membangun jalur sepeda permanen untuk mengakomodir para pesepeda.

Sebelumnya, Syafrin Liputo, menyampaikan, pembangunan jalur sepeda permanen ini merupakan bagian dari program Jakarta Ramah Bersepeda. Maka jalur permanen itu dibangun sepanjang 11,2 kilometer di jalan Sudirman-Thamrin.

“Memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat pesepeda di wilayah DKI Jakarta, serta mewujudkan Jakarta sebagai kota yang humanis, lestari, dan ramah lingkungan,” ucap Syafrin dalam keterangannya beberapa waktu lalu.

Namun, penyelesaian jalur sepeda permanen tersebut memang melewati target yang dilontarkan oleh Dishub DKI, yakni seharusnya rampung pada Maret lalu.

Syafrin Liputo mengatakan, planter box yang baru terpasang hingga kini berjumlah 505. Padahal, total yang harus dipasang sebagai pembatas jalur sepesa itu adalah sebanyak 4.454 buah.

"Total untuk planter box yang saat ini terpasang dari 4.454 yang dibutuhkan itu 505 sudah terpasang," ucap Syafrin kepada awak media, Kamis (8/4/2021).

Artikel menarik lainnya

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X