The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Fakta UMK Surabaya Rp4,4 Juta, Buruh Tak Terima Hingga Harga Kosan Rp600 Ribu Per Bulan
Tugu Sura dan Baya (Unsplash/Rasyid Maulana)
News

Fakta UMK Surabaya Rp4,4 Juta, Buruh Tak Terima Hingga Harga Kosan Rp600 Ribu Per Bulan

Rabu, 01 Desember 2021 15:30 WIB 01 Desember 2021, 15:30 WIB

INDOZONE.ID - Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim) telah menetapkan upah minimum kabupaten/kota (UMK) tahun 2022 melalui Keputusan Gubernur Jawa Timur Nomor 188/803/KPTS/013/2021 pada Selasa (30/11/2021).

Dalam surat itu tertulis, UMK terbesar di Jatim yaitu Kota Surabaya senilai Rp4.375.479 dan Kabupaten Sidoarjo dengan UMK sebesar Rp4.368.581.

Serikat buruh Jatim menolak

Namun, serikat pekerja atau buruh masih merasa tidak puas dengan UMK tersebut. Hal itu dikarenakan UMK 2022 ini hanya mendapat kenaikan sedikit, yakni Rp6.990,11.

Para serikat pekerja/serikat buruh Jatim itu menolak penetapan UMK 2022 dikarenakan pemerintah kabupaten/kota masih mengacu kepada PP No. 36/202 yang dinilai tidak memberikan kesejahteraan pada buruh. 

Buruh Jatim tuntut kenaikan UMK 2022
ANTARA FOTO/Didik Suhartono

Dengan kenaikan tersebut, para buruh mengaku tidak dapat meningkatkan daya beli buruh, malah sebaliknya daya buruh justru tergerus inflasi. 

Baca juga: Aksi Menuntut Kenaikan UMK 2022 di Surabaya, Ini Foto-fotonya

Lantas bagaimana dengan biaya hidup di Kota Surabaya? Apakah UMK untuk tahun 2022 tersebut sudah bisa memenuhi kebutuhan hidup? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Biaya kos dan apartemen 

Ilustrasi
Ilustrasi (Instagram/surabayakostkontrakanproperti)

Tak hanya menjadi Ibu Kota Jawa Timur, Surabaya juga menjadi kota metropolitan terbesar kedua di Indonesia setelah DKI Jakarta. Hal ini tentu saja membuat Surabaya identik dengan kehidupan perkotaan yang sibuk.

Bagi kamu para mahasiswa atau pekerja yang baru merantau ke Surabaya, pastinya membutuhkan tempat tinggal. Di Surabaya banyak terdapat kos atau kontrakan rumah mulai dari harga Rp300 ribu hingga Rp3 juta per bulan tergantung bangunan dan fasilitas yang ditawarkan. 

Sedangkan buat kamu yang ingin menyewa apartemen yang nyaman dan strategis, di Surabaya juga ada mulai dari harga Rp3 juta hingga Rp5 juta per bulan dengan spesifikasi 1 kamar tidur dan 1 kamar mandi.

2. Biaya makan dan kebutuhan per bulan

Ilustrasi
Instagram/jastipbaliose

Harga makanan di Surabaya tidak berbeda jauh dari kota-kota lain yang ada di Jatim. Biasanya harga nasi bungkus satu porsi lengkap dengan lauk dan sayur Rp10 ribu hingga Rp15 ribu. 

Sementara untuk kebutuhan pokok lainnya, kamu bisa pergi ke pusat perbelanjaan seperti PGS (Pusat Grosir Surabaya) untuk mendapatkan harga lebih murah dibanding belanja di supermarket. Untuk belanja bulanan ini, setidaknya buat kamu yang masih single setidaknya perlu menyiapkan Rp200-400 ribu per bulan. 

3. Transportasi

Angkut Surabaya
Instagram/surabayapunyacerita

Di Surabaya kamu bisa menemukan beberapa jenis transportasi umum, seperti angkutan kota, bus, bus kota dan ada juga ojek online (ojol). Tarif tiap angkutan juga berbeda, biasanya mulai dari Rp4 ribu. 

Jika kamu memiliki kendaraan pribadi sendiri, maka kamu harus menghitung pengeluaran bulanan untuk bensin, uang parkir dan biaya perawatan. 

4. Hiburan dan Rekreasi

Wisata di Surabaya
Instagram/destinasisurabaya

Melepas penat dari kegiatan sehari-hari tentu kamu perlu hiburan atau rekreasi. Di Surabaya ada banyak tempat yang bisa kamu kunjungi di waktu luang. Mulai dari mall, kafe, bioskop, dan tempat rekreasi yang sedikit jauh dari kota. 

Kamu bisa menyisihkan uang untuk melakukan hal yang kamu sukai sekitar Rp100-200 ribu per bulan. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Putri Octapia Saragih
JOIN US
JOIN US