FOTO: Lebih Dari 100 Orang Tewas Akibat Tornado di Kentucky, Amerika Serikat

- Selasa, 14 Desember 2021 | 11:32 WIB
REUTERS/Adrees Latif
REUTERS/Adrees Latif

Sedikitnya 100 orang tewas di Kentucky, Amerika Serikat akibat tornado menerjang jalan sepanjang 200 mil di Midwest dan Selatan AS dan menghancurkan rumah-rumah warga, Senin (13/12/2021).

Angin puting beliung kuat yang tidak biasanya terjadi di bulan-bulan musim dingin tersebut menghancurkan sebuah pabrik lilin, kantor pemadam kebakaran dan polisi, meratakan sebuah panti jompo du Missouri, dan menewaskan sedikitnya 6 pekerja di sebuah gudang Amazon di Illinois.

Gubernur Kentucky, Andy Beshear mengatakan tornado kali ini merupakan tornado paling merusak dalam sejarah negara bagian itu. Dia mengatakan sekitar 40 pekerja telah diselamatkan di pabrik lilin di kota Mayfield yang memiliki 110 orang di dalamnya ketika pabrik tersebut menjadi puing-puing. 

Beshear mengatakan 189 personel Garda Nasional telah dikerahkan untuk membantu pemulihan. Upaya penyelamatan sebagian besar akan difokuskan di Mayfield, rumah bagi sekitar 10.000 orang.

Tornado tersebut terjadi setelah serangkaian badai petir terjadi semalam, termasuk badai sel super yang terbentuk di timur laut Arkansas. Badai itu bergerak dari Arkansas dan Missouri dan ke Tennessee dan Kentucky.

Temperatur dan kelembapan yang luar biasa tinggi menciptakan lingkungan untuk peristiwa cuaca ekstrem seperti ini sepanjang tahun, kata Victor Gensini, profesor ilmu geografi dan atmosfer di Northern Illinois University.

-
REUTERS/Jon Cherry
-
REUTERS/Cheney Orr
-
REUTERS/Cheney Orr
-
REUTERS/Cheney Orr
-
REUTERS/Adrees Latif
-
REUTERS/Adrees Latif
-
REUTERS/Adrees Latif
-
REUTERS/Adrees Latif
-
REUTERS/Jon Cherry

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Polres Langkat Musnahkan Barbuk Ganja dan Sabu

Rabu, 17 April 2024 | 11:20 WIB
X