Politisi PDIP Perkirakan Jokowi akan Kirim Surpres Pergantian Panglima TNI Usai PON Papua

- Kamis, 23 September 2021 | 13:32 WIB
Tangkapan layar Presiden Jokowi. (Youtube/Setpres)
Tangkapan layar Presiden Jokowi. (Youtube/Setpres)

Anggota Komisi I DPR RI TB Hasanuddin mengatakan hingga kini Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum mengirim surat presiden (surpres) terkait pengganti Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Dia memperkirakan surpres tersebut akan dikirimkan setelah pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua pada 15 Oktober 2021 mendatang.

"Hemat saya, surat presiden itu bisa jadi setelah PON," ungkap TB Hasanuddin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (23/9/2021).

Politisi PDIP ini mengatakan, saat ini Panglima TNI Marsekal Hadi masih mempunyai tanggung jawab dalam mengamankan PON XX di Papua.

“Karena Panglima TNI ditunjuk menjadi tanggung jawab dalam pengamanan PON XX,” tuturnya.

Selain itu, TB Hasanuddin fit and proper test bagi calon Panglima TNI akan dilakukan pada masa sidang mendatang. Hal ini disebabkan DPR akan memasuki masa reses pada 8 Oktober 2021.

BACA JUGA: Ada Temuan 25 Klaster Covid-19 di Sekolah, Kepala Dinkes DKI Beri Tanggapan

Selain itu uji kelayakan digelar pada Masa Sidang II 2021-2022 yang akan dimulai pada 8 November. Menurut TB hal ini tidak melanggar aturan.

“Dari 8 November sampai 29 November adalah waktu untuk melakukan fit dan proper test. Jadi, masih memenuhi syarat," tutupnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X