The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Yahya Waloni Ditangkap Polisi, Pernah Ceramah Soal Kursi Gereja dan Sengaja Tabrak Anjing
Ustaz Yahya Waloni. (photo/Screenshoot/YouTube)
News

Yahya Waloni Ditangkap Polisi, Pernah Ceramah Soal Kursi Gereja dan Sengaja Tabrak Anjing

Kamis, 26 Agustus 2021 19:53 WIB 26 Agustus 2021, 19:53 WIB

INDOZONE.ID - Yahya Waloni ustaz yang kerap melontarkan ceramah kontroversi dikabarkan ditangkap pihak kepolisian dari Tim Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri.

Informasi penangkapan Yahya Waloni ini dibenarkan Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono.

"Iya benar," kata Brigjen Rusdi saat dihubungi INDOZONE, Kamis (26/8/2021).

Sosok Yahya Waloni selama ini memang sering mengundang kontroversi hingga terjadi pro dan kontra di tataran masyarakat.

Isi ceramah yang pernah membuat Yahya Waloni jadi pemberitaan mulai dari sengaja tabrak anjing karena dinilai najis hingga mengundang kecaman dari kelompok penyayang binatang hingga soal kursi gereja.

Yahya pernah menyampaikan pengakuan itu saat berceramah di hadapan para jamaahnya. Video ceramahnya itu diunggah di kanal YouTube Hadits TV pada 13 Februari 2021.

Ia mengaku menabrak anjing itu suatu hari ketika ia melintas di suatu daerah yang di sepanjang jalannya banyak terdapat lapo tuak.

"Sepanjang jalan itu lapo. Kutabrak juga satu ekor anjing.  Enggak tahu siapa yang punya. Lari, pincang kakinya. Kalau kambing saya masih rem. Tapi kulihat anjing, najis, kutembak satu kali ban depan. Talipat, ngiiik. Kalau kambing saya rem. Maksud saya ngerti? Saya lihat anjing, ya saya tabrak," kata dia, dengan nada bersemangat.

Yahya kemudian mengaku tidak berani menabarak anjing di Manado, lantaran dendanya mahal.

"Di Manado pernah kejadian. Ini fakta ini. Ditanya, berapa saya bayar? Kebetulan yang dia tabrak ini anjing baru beranak. Rupanya kalau ditabrak hitung berapa butir payudaranya. Anjing kalau dihitung bisa sampai 15 butir payudaranya. (Bayar) Rp15 juta. Satu butir satu juta. Lebih baik saya tabrak oma yang tadi saya tabrak. Ada oma yang lewat, cuma dua (payudara)," kata dia.

Ganti kursi gereja dengan kursi lebih Islam

Ustadz Yahya Waloni Menjelang Ramadhan 2021 dalam sebuah video di Youtube pada 10 April 2021, Yahya mempersoalkan kursi ceramah yang didudukinya.

Mulanya, ia bicara soal mukjizat, yang diberikan Tuhan kepada 124 ribu nabi. Ceramah itu sendiri disampaikan dalam rangka peringatan Isra' Miraj Nabi Muhammad.

"Setiap mukjizat itu Allah diberikan kepada 124 ribu nabi, termasuk Nabi Isya AS, bukan Jesus. Kalau Jesus itu tidak ada hubungan dengan nabi Isa," katanya.

Tak mau mengulur waktu, Yahya kemudian langsung membahas soal kayu meja yang ada di hadapannya.

Selesai membahas kayu jati yang harganya mahal, Waloni tiba-tiba bangkit dari kursinya dan meminta panitia acara mengganti kursi tersebut.

"Angkat ini, kursi gereja ini. Ganti kursi Islam," katanya.

Panitia acara lantas cekatan mengangkat kursi tersebut dan menggantinya dengan kursi kayu lain yang tidak berbusa. 

"Saya sudah cukup yang lembek itu. Saya cari yang keras-keras. Bu, Bu, mau ceramah keras atau lembek. Panjang atau pendek? Udah keras, panjang lagi," kata Yahya.

Yahya bilang, kursi tersebut tidak cocok ditempat di masjid.

"Nah ini baru kursi ceramah. Kalau tadi itu kursi pemalas. Itu tadi kursi mau nikah itu. Itu di gereja cocok. Di masjid tak boleh. Saya sudah lama pakai itu. Gara-gara kursi ini kita ribut terus di negara ini. Ada yang mau sepuluh periode, 20 periode, 30 periode," katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US