The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Pemerintah Turki Klaim K-Pop Berbahaya Bagi Generasi Muda di Negaranya
Turki klaim k-pop berbahaya bagi generasi muda. (Unsplash/Tarik Haiga/Instagram/@bts.bighitofficial)
News

Pemerintah Turki Klaim K-Pop Berbahaya Bagi Generasi Muda di Negaranya

Rabu, 01 September 2021 10:35 WIB 01 September 2021, 10:35 WIB

INDOZONE.ID - Turki memiliki salah satu komunitas penggemar K-Pop terbesar di dunia. Menurut data, penggemar K-Pop di Turki berada di peringkat 10 dalam daftar negara di mana orang menghabiskan waktu paling banyak untuk mengonsumsi konten K-Pop.

Namun, kehidupan fans di Turki di bawah ancaman karena pemerintah mengatakan bahwa mereka sedang menyelidiki K-Pop karena berpotensi merugikan kaum muda di negara itu.

Dilansir Koreaboo, pada 10 Agustus 2021, tiga gadis berusia 11, 13 dan 15 tahun menjadi berita utama di Turki ketika media melaporkan bahwa tiga gadis itu berusaha melarikan diri ke Korea Selatan tanpa izin orang tua mereka.

Gadis-gadis muda itu memberi tahu orang tuanya bahwa mereka akan pergi piknik di Istanbul, pada 9 Agustus, tetapi mereka tidak kembali ke rumah malam itu.

Baca juga: Viral Seserahan Antimainstream Ala K-Pop, Isinya Barang Koleksi Idol

Ketika orang tua gadis-gadis itu menghubungi polisi, diketahui bahwa ketiganya telah mengemasi pakaian mereka dan meninggalkan ponsel mereka sebelum meninggalkan rumah.

Untungnya tim khusus polisi dapat menemukan gadis-gadis itu di pantai Istanbul malam itu.

Dilansir NTV,  gadis-gadis muda itu mengejutkan warga karena mengungkapkan bahwa cinta mereka pada K-Pop dan K-Drama membuat mereka memutuskan untuk melarikan diri ke Korea Selatan. Tapi ayah ketiga gadis itu membantah klaim tersebut.

Meskipun demikian, cerita tersebut menyebar ke seluruh negeri, ini membuat netizen Turki menyebut insiden tersebut sebagai 'Special Operation BTS.'

Hal tersebut pula menyebabkan pemerintah Turki menempatkan K-Pop secara keseluruhan dalam penyelidikan.

Dilansir surat kabar Turki Milliyet, penyelidikan juga didasarkan pada tuduhan dari pejabat yang menyatakan bahwa K-Pop merupakan ancaman bagi pemuda Turki.

"K-pop membuat kaum muda menyimpang dari nilai-nilai tradisional dan menolak keluarga mereka dan membawa mereka ke gaya hidup 'bebas gender'," bunyi tuduhan dari pejabat turki, dikutip dari Turki Milliyet.

Saat ini Kementerian Keluarga dan Layanan Sosial sedang melakukan penelitian terhadap K-Pop untuk menentukan apakah itu merupakan konten online berbahaya yang dapat berdampak negatif bagi kaum muda.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina
Fitri
Dina

Dina

Editor
Fitri

Fitri

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US