The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jadi Oleh-oleh Lebaran, Denny Siregar: Emang Kenapa Pak Jokowi Promosi Babi Panggang?
Denny Siregar buka suara usai Jokowi promosikan babi panggang. (Istimewa)
News

Jadi Oleh-oleh Lebaran, Denny Siregar: Emang Kenapa Pak Jokowi Promosi Babi Panggang?

Sabtu, 08 Mei 2021 16:22 WIB 08 Mei 2021, 16:22 WIB

INDOZONE.ID - Penggiat media sosial Denny Siregar buka suara terkait Presiden Jokowi yang mempromosikan babi panggang (Bipang) Ambawang khas daerah Kalimantan.

Denny Siregar mengatakan kalau Presiden mempromosikan babi panggang artinya dia merupakan presiden semua suku, ras dan agama.

"Emang kenapa kalau pak @jokowi promosi babi panggang oleh2 khas daerah Kalimantan ? Itu berarti dia Presiden semua suku, semua ras, semua agama," twit Denny Siregar melalui akun Twitternya seperti yang dikutip Indozone, Sabtu (8/5/2021).

Dia kemudian menyalahkan orang lain terkait masalah ini yang dinilai tidak bisa menerima perbedaan.

"Coba kalo Waloni yang jadi Presiden, bisa dikafir2kan babi panggang ma doi," sebut Denny.

Namun Kiai asal NU Nadirsyah Hosen atau dikenal dengan panggilan Gus Nadir menyebut bukan makan babi panggang yang dipermasalahkan, namun konteks Jokowi menyebutnya untuk oleh-oleh lebaran yang kurang tepat.  

"Ngomong pesan Bipang (babi panggang) dalam konteks liburan lebaran tentu kurang elok," sebut Gus Nadir.

Kendati lebaran Idul Fitri juga jatuh liburan saat umat nasrani merayakan Kenaikan Isa Al Masih, namun katanya, tetap saja Jokowi keliru karena tidak menyebutkan liburan umat nasrani dari awal pidatonya.

"Tapi jangan lupa juga ada libur kenaikan Isa al Masih. Artinya, menyebut Bipang dalam konteks ini tentu bisa dipahami. Kelirunya itu gak semua konteks liburan disebutkan sedari awal. Heboh deh," ujar Gus Nadri di Twitternya.

Geger di media sosial

Sebelumnya pidato promosi kuliner khas daerah Presiden Jokowi Widodo (Jokowi) menjadi viral dan diperbincangkan di media sosial dan masuk dalam trending topic di Twitter.

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi menyebut beberapa jenis makanan khas daerah yang bisa dibeli online oleh masyarakat untuk mengobati kerinduan karena tak bisa mudik di Lebaran kali ini.

Tak ada yang salah dengan promosi tersebut hingga tiba saat Jokowi menyebut satu kuliner bernama bipang ambawang yang merupakan makanan khas Kalimantan.

"Untuk bapak/ibu dan saudara-saudara yang rindu kuliner khas daerah atau yang biasannya mudik membawa oleh-oleh, tidak perlu ragu untuk memesannya secara online," sebut Jokowi.

Dia menambahkan kuliner babi panggang ambawang khas Kalimantan juga bisa dipesan untuk oleh-oleh lebaran.

"Yang rindu makan gudeg Jogja, bandeng Semarang, siomay Bandung, empek-empek Palembang, bipang ambawang dari Kalimantan dan lain-lainnya tinggal pesan, dan makanan kesukaan akan diantar sampai ke rumah," kata Jokowi dalam video tersebut.

Artikel menarik lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
JOIN US
JOIN US