Pemprov DKI Ajak Warga Selamatkan Bumi Lewat Pengelolaan Sampah Modern dan Hasilkan Uang

- Jumat, 8 Oktober 2021 | 22:08 WIB
Petugas membersihkan Kali Mookervart, Rawa Buaya, Jakarta. (Foto: ANTARA/Rivan Awal Lingga)
Petugas membersihkan Kali Mookervart, Rawa Buaya, Jakarta. (Foto: ANTARA/Rivan Awal Lingga)

Warga Jakarta kini bisa mengubah sampah menjadi sumber penghasilan tambahan. Salah satu caranya adalah dengan program dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI melalui BUMD, yakni Bank DKI.

Tak hanya bisa menghasilkan pendapatan tambahan, melalui program komunitas JakOne Artri, Bank DKI juga mendukung gerakan masyarakat sadar sampah guna membuat Jakarta semakin bersih.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Herry Djufraini, menjelaskan, dengan menjadi bagian dari komunitas JakOne Artri, warga akan mendapatkan manfaat yakni pengelolaan sampah yang berkelanjutan dan modern.

"Komunitas JakOne Artri melakukan pengelolaan sampah secara modern dengan melakukan langkah 3R, yakni reduce (kurangi), reuse (gunakan kembali), dan recycle (daur ulang). Setelah melakukan 3R, sampah pun dapat langsung ditukarkan menjadi uang elektronik JakOne Pay," ucap Herry, Jumat (8/10/2021).

BACA JUGA: Memilukan, 6 Anak Tinggal di Rumah yang Dipenuhi dengan Kotoran Anjing dan Popok Bekas

Berbagai persyaratan telah disiapkan bagi warga yang akan menjadi pengepul sampah, maupun pengusaha sampah yang tertarik menjadi bagian dari komunitas JakOne Artri.

"Tentunya kami ingin semakin banyak lagi masyarakat, khususnya di Jabodetabek, yang secara aktif tergabung dalam komunitas JakOne Artri, sehingga kita dapat bersama-sama menyelamatkan Bumi melalui pengelolaan sampah yang modern," terangnya.

Komunitas JakOne Artri pun sudah dijalankan di Rusun Pesakih. Warga pun telah disiapkan beberapa titik bank sampah di sekitar area tersebut yang akan memudahkan untuk memilah sampah yang telah dikumpulkan.

"Kehadiran bank sampah di Rusun Pesakih diharapkan dapat semakin mendorong semangat peduli lingkungan komunitas JakOne Artri di Rusun Pesakih," tandas Herry.

Terbentuknya komunitas JakOne Artri ini memberikan sejumlah manfaat bagi masyarakat, yaitu menjadi sumber penghasilan tambahan, menerapkan gaya hidup ramah lingkungan, serta upaya menjaga kelestarian bumi secara modern.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X