Jokowi Tak Mau Lockdown dan Pilih PPKM: Tak Perlu Dipertentangkan

- Rabu, 23 Juni 2021 | 18:03 WIB
Presiden Joko Widodo. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Presiden Joko Widodo. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku pemerintah telah menerima berbagai masukan terkait penanganan Covid-19di tanah air. Termasuk salah satunya adalah menerapkan lockdown.

Namun, pada akhirnya, Jokowi mengatakan bahwa pemerintah memutuskan untuk melanjutkan penerapan PPKM mikro. Ia bahkan menilai, PPKM memiliki esensi yang sama dengan lockdown.

"Saya sampaikan bahwa PPKM Mikro dan lockdown memiliki esensi yang sama, yaitu membatasi kegiatan masyarakat," ucap Jokowi dalam tayangan Youtube Sekretariat Kabinet, Rabu (23/6/2021).

Oleh sebab itu, Jokowi meminta masyarakat untuk tidak memperdebatkan kebijakan PPKM mikro. Pasalnya, apabila penerapannya diperkuat, maka laju penyebaran Covid-19 akan bisa ditekan.

"Untuk itu, tidak perlu dipertentangkan. Jika PPKM Mikro terimplementasi dengan baik, tindakan-tindakan di lapangan yang terus diperkuat, semestinya laju kasus bisa terkendali," terangnya.

Lebih lanjut, Kepala Negara itu menyebutkan alasan melanjutkan PPKM mikro ditengah lonjakan kasus Covid-19 karena memperhitungkan jalannya roda perekonomian.

"Pemerintah melihat bahwa kebijakan PPKM Mikro masih menjadi kebijakan yang paling tepat untuk konteks saat ini untuk mengendalikan COVID-19 karena bisa berjalan tanpa mematikan ekonomi rakyat," tandas Jokowi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Motor Kepeleset, Dua Jambret Ditangkap di Monas

Senin, 18 Maret 2024 | 14:10 WIB
X