Harapan Wapres untuk Panglima TNI yang Baru: Humanis Tangani Konflik Papua

- Minggu, 7 November 2021 | 15:53 WIB
Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin. (photo/Instagram/@kyai_marufamin)
Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin. (photo/Instagram/@kyai_marufamin)

Komisi I DPR RI menyetujui Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto. Keputusan ini usai DPR melakukan fit and proper test kepada Jenderal Andika Perkasa.

Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin berharap Jenderal Andika mampu melanjutkan tugas-tugas Panglima TNI Sebelumnya, khususnya dalam membangun kondusivitas keamanan di Papua.

"Saya kira tentu kita berharap Panglima yang baru nanti, akan meneruskan langkah-langkah Panglima yang lama, dalam membangun kondusivitas keamanan di Papua dan lebih mempunyai pendekatan-pendekatan yang tentu lebih baik lagi," katanya usai meninjau Tugu MacArthur di Jayapura, Papua dikutip dari keterangan tertulis, Minggu (7/11/2021).

Wapres yakin Jenderal Andika Perkasa punya konsep-konsep yang lebih baik dalam membangun keamanan di Papua.

"Saya yakin Panglima yang baru itu punya konsep-konsep yang mungkin lebih memiliki pendekatan yang lebih baik lagi. Itu kita harapkan begitu," ujar Wapres. 

Wapres menegaskan bahwa Panglima TNI Marsekal Hadi juga telah menerapkan konsep dan langkah yang baik.

"Tapi berdasarkan apa yang sudah dilakukan, saya harap ada langkah-langkah strategis yang lebih baik lagi nanti dalam menangani keamanan di Papua," ujarnya. 

Wapres menjelaskan, pendekatan humanis bisa dilakukan dengan mempertahankan semangat perlindungan dan penegakan HAM.

"Iya, tentu. Lebih humanis tapi tidak kehilangan semangat untuk perlindungan. Humanis, tetapi perlindungan dan penegakan HAM harus tetap dijaga," ujarnya.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X