Kanada Sebut Operasi Militer Rusia di Ukraina layaknya Genosida

- Jumat, 29 April 2022 | 02:10 WIB
Sebuah rudal dilepaskan oleh milter Rusia ke wilayah Ukraina. (REUTERS/Serhii Nuzhnenko)
Sebuah rudal dilepaskan oleh milter Rusia ke wilayah Ukraina. (REUTERS/Serhii Nuzhnenko)

Para anggota parlemen Kanada sepakat dengan suara bulat untuk menyebut serangan Rusia di Ukraina sebagai "genosida". Para anggota parlemen itu mengatakan ada "banyak bukti kejahatan perang sistemik dan besar-besaran terhadap kemanusiaan" yang dilakukan oleh Moskow.

Seperti disadur dari Reuters, Jumat (29/4/2022), mosi DPR Kanada itu mengatakan kejahatan perang oleh Rusia termasuk kekejaman massal, contoh sistematis pembunuhan yang disengaja terhadap warga sipil Ukraina, penodaan jenasah, pemindahan paksa anak-anak Ukraina, penyiksaan, kerusakan fisik, kerusakan mental, dan pemerkosaan.

Awal bulan ini, Perdana Menteri Justin Trudeau mengatakan "sangat benar" bagi semakin banyak orang untuk menggambarkan tindakan Rusia di Ukraina sebagai genosida, seraya mendukung tuduhan yang dibuat oleh Presiden AS Joe Biden.

Biden sebelumnya mengatakan pada April bahwa invasi ke Ukraina sama dengan genosida tapi telah menambahkan bahwa pengacara internasional harus memutuskan apakah invasi tersebut memenuhi kriteria genosida atau tidak.

Rusia, yang menyangkal tuduhan genosida, menyebut tindakannya di Ukraina sebagai "operasi militer khusus" dan mengatakan operasi itu perlu karena Amerika Serikat menggunakan Ukraina untuk mengancam Rusia.

Baca Juga: Diundang Jokowi Hadiri KTT G20, Begini Balasan Presiden Ukraina

Moskow pada gilirannya menuduh Ukraina melakukan genosida terhadap orang-orang berbahasa Rusia, tuduhan yang dibantah Ukraina sebagai omong kosong.

Kanada termasuk di antara sejumlah negara yang memberlakukan sanksi terhadap Rusia setelah invasi dimulai pada 24 Februari. Kanada memberlakukan sanksi lebih lanjut terhadap 203 orang yang dikatakan terlibat dalam pencaplokan oleh Rusia atas daerah-daerah tertentu di wilayah Donbas di timur Ukraina.

Rabu malam, Kanada juga memperbarui saran perjalanannya ke Moldova, dengan alasan risiko konflik bersenjata di Transnistria, bagian Moldova di wilayah barat yang diduduki Rusia. Pemerintah Kanada meminta para pelancong untuk berhati-hati di Moldova dan menghindari semua perjalanan ke Transnistria.

Pemerintah Kanada juga mengatakan akan mengubah undang-undang sanksinya untuk memungkinkan dana atau properti dari Rusia yang disita atau dikenai sanksi dipakai untuk membantu membangun kembali Ukraina atau membantu mereka yang terkena dampak invasi Rusia.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X