30 Ribu Orang Diprediksi Mudik Hari Ini dan Besok, Kakorlantas: Masih Bisa Ditampung

- Minggu, 1 Mei 2022 | 19:10 WIB
Foto udara sejumlah kendaraan antre melintasi Gerbang Tol Cikampek Utama, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Foto udara sejumlah kendaraan antre melintasi Gerbang Tol Cikampek Utama, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi memprediksi masih ada sebanyak 30.000 pemudik yang bakal melakukan perjalanan mudik pada hari ini dan besok.

Meski begitu, dia memastikan seluruh pemudik tersebut masih bisa ditampung menggunakan jalur normal.

"Dari rediksi sisa tinggal 30.000. Jadi kemarin padat 85.000 itu yang sampai Cipularang tersendat, selanjutnya 115.000 awalnya pagi 105.00 itu pakai contra flow bisa kita kuras. Nah dari angka itu kita lihat ada 30.000," kata Irjen Firman kepada wartawan, Minggu (1/5/2022).

Firman menyebut 30.000 pemudik ini nantinya masih bisa ditampung di Jalan Tol Jakarta-Cikampek secara normal. Sisa pemudik ini diprediksi akan bergerak mulai hari ini dan besok.

"Kita tinggal tunggu saudara-saudara kita yang berangkat nanti malam pas malam takbiran atau besok setelah salat itu di dalam 30.000 tadi ya," beber Firman.

BACA JUGA: Wkwk! Bukan Kehilangan Barang, Pria Ini Kehilangan Pacar saat Mudik, Diumumkan Petugas K3

Selain alternatif mudik setelah salat tarawih, khusus pada malam ini diprediksi pemudik akan bergerak lebih cepat yakni setelah salat magrib. Kemudian ada pula yang mudik usai salah id.

"Kita mempelajari tentang kebiasaan seperti tadi malam kita juga membaca peta bahwa setelah buka puasa, setelah salat tarawih, setelah salat subuh itu yang naik, itu kemarin," kata Firman.

"Jadi kalaupun kita ikuti sekarang berarti nanti setelah buka puasa artinya malam takbiran itu jalan. Kita tetap akan monitor sampai besok pagi. Besok paginya setelah salat id karena ada orang yang nggak mau macet di jalan, jadi setelah salat id saja," pungkas Firman.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X