Usai Viral Pemuda Tambal Jalanan, Dinas PUPR Berau: Bagus, tapi Membahayakan

- Rabu, 4 Mei 2022 | 14:00 WIB
Dinas PUPR Berau tambal jalana rusak (Edi Akbar/IDZ Creators)
Dinas PUPR Berau tambal jalana rusak (Edi Akbar/IDZ Creators)

Usai video dua pemuda yang menambal jalan berlubang di Jembatan Sambaliung viral di media sosial, UPTD Pemeliharaan Insfratuktur Pekerjaan Umum (PU) wilayah III Provinsi Kalimantan Timur, bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Berau, langsung menurunkan Tim Reaksi Cepat (TRC) memperbaiki jalan rusak, Minggu (1/5/2022), dini hari.  

Kepala Dinas PUPR, Taupan Madjid meninjau langsung proses perbaikan yang dilakukan oleh Tim Reaksi Cepat. Namun perbaikan jalan ini sifatnya hanya sementara.

-
Perbaikan hanya bersifat sementara (Edi Akbar/IDZ Creators)

Taupan juga mengapresiasi aksi dua pemuda yang tengah viral tersebut. Namun, Taupan menyayangkan karena mereka memperbaiki jalan menggunakan teknik dan motode yang salah. Material batu kerikil yang digunakan berserakan di jalanan dan membahayakan pengguna jalan. 

“Kami sayangkan untuk pengerjaannya, metodenya secara teknik tidak memenuhi syarat. Memperbaiki jalan haruslah dilakukan dengan teknik dan metode yang benar. Jangan sampai justru membahayakan pengguna jalan dan memicu terjadinya kecelakaan,” terangnya.

Guna mengantisipasi terjadinya kecelakaan, petugas PUPR Berau bergerak cepat merapikan dan memperbaikinya.

-
Petugas memperbaiki jalanan berlubang (Edi Akbar/IDZ Creators)

Aspal jalan yang berlubang di Jembatan Sambaliung ditambal menggunakan bahan material khusus berkualitas.

“Kami di daerah langsung berkoordinasi dengan PU Provinsi untuk segera melakukan perbaikan. Makanya malam ini kita turun merapikan kembali batu-batu kerikil yang berserakan di jalanan dan menutup lubang menggunakan material aspal buton campuran dingin,” tuturnya.

Taupan menjelaskan bahwa jembatan Sambaliung ini dibangun pada tahun 1983 silam. Usianya sudah tua dan sudah saatnya untuk dilakukan peremajaan.

-
Perbaikan besar akan dilakukan tahun ini (Edi Akbar/IDZ Creators)

Anggaran pengerjaannya juga sudah masuk daftar lelang di Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kaltim, dengan anggaran sebesar Rp20 miliar dan akan dikerjakan tahun ini.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini.

-
IDZ Creators

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X