Layanan Komunikasi Seluler Masih Bermasalah di Jayapura

- Jumat, 30 Agustus 2019 | 07:45 WIB
Asap membubung saat aksi unjuk rasa di Jayapura, Papua, Kamis (29/8). (Antara/Dian Kandipi).
Asap membubung saat aksi unjuk rasa di Jayapura, Papua, Kamis (29/8). (Antara/Dian Kandipi).

Layanan komunikasi masih mengalami gangguan di Jayapura, Papua. Hingga Jumat (30/8) pukul 07.00 WIT, masyarakat masih terkendala berkomunikasi menggunakan telepon seluler. 

Panggilan ponsel masuk ataupun keluar masih terganggu. Suara yang dihasilkan alat komunikasi itu tidak terdengar dengan baik oleh lawan bicara. 

Internet pun tidak bisa digunakan karena layanan jaringan data dibatasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Berdasarkan pantauan Antara, komunikasi hanya bisa dilakukan melalui pesan singkat Jumat pagi. 

Sebelumnya, Menkominfo Rudiantara mengklarifikasi bahwa gangguan layanan komunikasi seluler di Jayapura, Papua bukan diblokir oleh pemerintah. Rudi mengatakan ada pihak yang memotong kabel jaringan.

Rudiantara menegaskan tidak melakukan black out layanan komunikasi di Jayapura. Gangguan layanan seluler dikarenakan ada oknum yang memotong kabel jaringan optik Telkomsel. 

"Pemerintah hanya melakukan pembatasan atas layanan data, sementara layanan suara (telepon masuk/keluar), serta layanan pesan singkat tetap difungsikan," ujar Rudiantara. 

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X