BPBD: Banjir Bandang Bondowoso Ada 200 KK Terdampak

- Rabu, 29 Januari 2020 | 19:50 WIB
Banjir Bandang Kabupaten Bondowoso, Rabu (29/1/2020) (TWITTER/ @Dtaca1)
Banjir Bandang Kabupaten Bondowoso, Rabu (29/1/2020) (TWITTER/ @Dtaca1)

Banjir bandang menerjang Desa Sempol yang berada di sekitar kawasan Gunung Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, pada Rabu (29/1/2020).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso Kukuh Triyatmoko menjelaskan air bercampur lumpur itu menghantam ratusan rumah di Desa Sempol, Kecamatan Ijen, setelah sebelumnya di wilayah Gunung Suket, Jampit, diguyur hujan deras.

"Banjir Bandang terjadi pada Rabu, 29 Januari 2020, Pukul 13.00 WIB, di Provinsi Jawa Timur, Kabupaten Bondowoso, Kecamatan Ijen, Desa Sempol," ujarnya dalam keterangan resmi.

Kukuh melanjutkan menyebutkan akibat banjir bandang itu, sekitar 200 rumah warga di Desa Sempol terendam lumpur setinggi sekitar 30 cm.

"Terdampak banjir bandang diperkirakan ada 200 KK yang terdampak. Sementara terdapat korban mengungsi di rumah tetangga atau saudara. Kerugian masih didata, tinggi muka air bercampur lumpur kurang lebih 60 cm," lanjutnya.

Menurut Kukuh Air bah yang menghantam Desa Sempol, diawali akibat hujan yang terjadi di wilayah hulu, dimana wilayah hulu adalah pegunungan Ijen.

"Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di tahun 2019, membuat hutan di pegunungan Ijen menjadi gundul. Hutan yang gundul di wilayah pegunungan ijen menjadi faktor terjadinya banjir bandang di desa Sempol, Kecamatan Ijen. Sejauh ini TRC BPBD Kabupaten Bondowoso melakukan kaji cepat, evakuasi korban dan berkoordinasi dengan instnasi terkait," tegasnya.

Sebelumnya, heboh di Twitter video air bah yang menerjang kawasan Situbondo yang melewati sela-sela rumah warga.

 

Artikel Menarik Lainnya

7 Parpol Usul Pemilu Serentak Dihapus, Reaksi Mendagri?

Guardiola: Silva Bisa Jadi Pelatih di Masa Depan

Pembalap Moto3 Ingin Jadikan Jorge Lorenzo Sebagai Pelatihnya

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X