Selain Lem Aibon, Ini 5 Jenis Lem Kayu Lainnya

- Kamis, 31 Oktober 2019 | 12:41 WIB
Tokopedia/instagram/@abadi_jaya_ltc
Tokopedia/instagram/@abadi_jaya_ltc

Baru-baru ini, Pemprov DKI Jakarta menjadi sorotan publik terkait dengan anggaran yang diajukan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) DKI. Dalam anggaran tersebut, Disdik menuliskan bahwa dana yang dibutuhkan untuk membeli lem aibon sebesar Rp82,8 miliar.

Lem aibon sendiri adalah salah satu jenis lem yang memiliki kekuatan perekat yang maksimal. Lem ini biasanya digunakan untuk merekatkan melamin, logam, beton, papan fiber, kulit, kayu dan karpet.

Dalam dunia pertukangan dan material, lem menjadi salah satu alat yang utama untuk memperbaiki perabotan. Terutama perabotan yang terbuat dari kayu. Nah, selain lem aibon ada lagi lho lem kayu lainnya yang ada di Indonesia. Mau tau apa saja lem kayu yang ada di Indonesia? Simak informasi di bawah ini.

1. Lem Ethyl Cyanoacrylate

-
Tokopedia

Lem yang juga dikenal sebagai lem Korea ini bisa digunakan untuk melekatkan plastik, kayu, karet, logam, kulit dan juga keramik. Lem ini memiliki daya rekat yang tinggi.

2. Lem Polyurethane

-
instagram/@arfilanno

Lem yang satu ini dapat digunakan untuk berbagai proyek, baik indoor maupun outdoor. Namun sebelum menggunakan lem ini, permukaan benda yang akan dilem harus dalam keadaan basah. Jika dua benda sudah direkatkan dengan lem ini, kamu hanya perlu menunggu selama 24 jam hingga lemnya kering.

3. Lem Dextone Epoxy Adhesives

-
instagram/@abadi_jaya_ltc

Lem yang dikenal dengan lem dextone ini terdiri dari dua komponen, yaitu resin dan hardener. Sebelum diaplikasikan untuk menempelkan perabotan kayu, kamu harus mencampur dua bahan ini terlebih dahulu. Selain kayu, lem ini juga bisa merekatkan bahan logam lainnya seperti besi, baja dan tembaga.

4. Lem Putih PVAc

-
Tokopedia

Selain untuk merekatkan kayu, lem ini juga bisa digunakan untuk kertas, koraltex, bahan dan bisa juga untuk plamir tembok. Lem jenis ini terdiri dari dua macam, yaitu lem yang tahan terhadap air dan lem yang mudah dibersihkan dengan air.

5. Lem sealant silicone rubber

-
Tokopedia

Lem yang satu ini dikenal memiliki daya rekat yang sangat tinggi. Biasanya lem ini digunakan untuk merekatkan kaca, kayu, karet, kanvas, beberapa jenis plastik, dan juga keramik. Lem sealent ini juga biasa digunakan untuk konstruksi akuarium.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X