Bangkitkan Harga Diri Anak Vitiligo, Kakek Ini Rajut Boneka Vitilinda

- Kamis, 19 September 2019 | 13:38 WIB
instagram/@joaostanganelli
instagram/@joaostanganelli

Di Brasil, hampir 3 juta orang terserang vitiligo. Vitiligo sendiri adalah penyakit yang menyebabkan warna kulit memudar. Penyakit ini dapat menyerang area kulit manapun.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by João Stanganelli Junior (@joaostanganelli) on

Untuk menghilangkan penyakit ini bisa dilakukan dengan berbagai perawatan. Namun ada satu hal yang sulit diatasi oleh penderita vitiligo, yaitu penilaian orang yang melihatnya. Sering sekali orang-orang kehilangan harga dirinya karena dipandang sebelah mata oleh orang lain. Hal inilah yang membuat seorang kakek bernama Joao Stanganelli membuat boneka rajut vitiligo yang diberi nama vitilinda.

-
instagram/@joaostanganelli

 

Joao Stanganelli menjadi salah seorang penderita vitiligo di Brasil. Pria yang kini berusia 64 tahun itu sudah menunjukkan gejala vitiligo sejak umurnya 38 tahun.Joao sendiri bekerja di bidang industri gastronomi, tapi ia harus keluar karena mengalami masalah jantung, dan menderita vitiligo. Penyakit ini membuatnya hidupnya berubah perlahan-lahan.

-
instagram/@joaostanganelli

 

Namun, Joao tidak menjadikan masalah ini sebagai halangan yang besar untuknya melanjutkan hidup. Untuk menjaga tubuh dan pikirannya tetap sehat, Joao terus mengembangkan hobinya. Bersama dengan istrinya Marilena, Joao memutuskan untuk belajar merenda dan merajut boneka.

-
instagram/@joaostanganelli

 

Joao mengaku bahwa merajut bukanlah hal yang mudah. Ia bahkan sempat menyerah sebelum akhirnya mulai bersemangat kembali untuk belajar merajut. Joao baru bisa menyelesaikan boneka rajut pertamanya setelah menghabiskan waktu hingga 5 hari.

Saat mulai merajut boneka, Joao mengatakan bahwa ini bukanlah hal yang mudah. Merajut dapat menyebabkan kapalan di jari dan sebagian orang merasa jengkel ketika merajut. Namun Joao merasa bahwa perasaan itu hanya karena belum terbiasa, ketika sudah terbiasa, merajut akan menjadi hobi yang menyenangkan dan tidak ingin berhenti melakukannya.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by João Stanganelli Junior (@joaostanganelli) on

Boneka rajut milik Joao ini bermula dari keinginannya untuk memberikan boneka rajut kepada cucunya. Boneka itu sengaja ia buat dengan tangannya sendiri agar lebih mengesankan dan istimewa.

Setelah boneka rajut untuk cucunya selesai, Joao kemudian memutuskan untuk merajut boneka lain versi vitiligo yang diberi nama vitilinda. Boneka rajut ini tampil dengan wajah yang cantik dengan bintik-bintik dan warna kulit yang tidak merata.

-
instagram/@joaostanganelli

 

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X