The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Hati-Hati! Vape Beraroma Bikin Asma Semakin Parah
(photo/REUTERS/Eduardo Munoz)
News

Hati-Hati! Vape Beraroma Bikin Asma Semakin Parah

Minggu, 22 September 2019 19:20 WIB 22 September 2019, 19:20 WIB

INDOZONE.ID - Baru-baru ini sebuah penelitian mengingatkan bahwa vape beraroma bisa beracun dan membahayakan penderita asma. Disebutkan bahwa vape beraroma bisa memperburuk asma yang diderita oleh seseorang.

Bahkan dijelaskan bahwa meskipun vape beraroma itu tanpa nikotin, namun bisa merusak saluran pernapasan.

"Ini sangat penting bagi mereka penderita penyakit pernapasan, juga yang rentan terhadap efek merokok," kata pemimpin studi, Dr Chapman dari University of Technology Sydney dikutip dari Thehealthsite, Minggu (22/9/2019).

"Mayoritas pengguna vape menggunakan cairan rasa. Tetapi, ada beberapa bukti bahwa zat tambahan rasa bisa beracun ketika dihirup," lanjutnya.

Dalam penelitian Scientific Reports ini dikatakan bahwa efek vape beraroma tak semua sama terhadap kesehatan paru-paru individu. Efek tersebut tergantung pada tambahan rasa pada vape.

Penelitian ini mengungkapkan, rasa black licorice atau permen akar manis pada vape dapat menyebabkan peradangan di saluran napas seseorang.

Sedangkan rasa cinnacide memiliki efek sebaliknya, yakni menekan peradangan saluran napas.

Sementara itu, para peneliti tak menganalisis cairan secara langsung untuk mengonfirmasi zat apa yang terkandung di dalamnya.

Para peneliti mengimbau agar berhati-hati dalam mempromosikan penggunaan vape bagi pasien pernapasan seperti asma.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Indozone
Victor Median
JOIN US
JOIN US