Viral Gaya Tidur Andien dengan Mulut Diplester, Ini Menurut Medis

- Sabtu, 13 Juli 2019 | 12:00 WIB
photo/Instagram/@andienaisyah
photo/Instagram/@andienaisyah

Baru-baru ini, ada tren tidur baru yang dilakukan penyanyi Jazz Andien dan keluarganya yaitu teknik tidur dengan mulut diplester. Andien menyebut cara tidur itu adalah teknik pernapasan Buteyko Breathing.

"Setelah saya menjalankan tidur dengan diplester, ada beberapa kualitas baik yang saya rasakan," tulis Andien melalui Instagram story-nya, Rabu (10/7).

-
photo/Instagram/@andienaisyah

Namun kabarnya, tidur dengan cara seperti ini ampuh untuk mengobati masalah gangguan pernapasan, salah satunya kebiasaan sleep apnea atau mendengkur.

Hal ini diungkapkan oleh seorang praktisi kesehatan tidur, dr.Andreas Prasadja, RSPGT, mengatakan bahwa tidak ada yang salah ketika menutup mulut dengan plester saat tidur. Namun, kata dia, jika kebiasaan mendengkur tidak hilang harus segera diperiksakan ke dokter.

-
photo/Ilustrasi/Shutterstock

"Kalau saya sih bebas-bebas saja tapi kalau masih ngantuk, pagi enggak segar, siang masih cenderung ngantuk, periksa ke dokter karena artinya Anda menderita penyakit tidur yang serius, enggak sesimpel itu," kata dr. Andreas, Jumat (12/7), dilansir dari Antara.

"Kami di kedokteran, mengatasi mendengkur itu ada tahapannya. Ada laboratorium tidur. Nah, dari situ kita tahu napasnya, jantungnya pada saat tidur gimana, ada berhenti napas apa enggak, seberapa parah, kemudian jenis henti napasnya seperti apa," katanya.

Dia menerangkan, tidur dengan mulut diplester bagi sebagian orang mungkin bisa mengurangi kebiasaan mendengkur. Namun, kebiasaan itu ada yang sedang, berat, dan ringan, sehingga tidak bisa selesai hanya dengan mulutnya dirapatkan.

Terkait dengan teknik Buteyko Breathing sendiri, dr. Andreas mengatakan dalam dunia kedokteran tidak ada. Namun, dia juga melarang jika ada masyarakat yang ingin mencobanya tanpa anjuran dari pihak medis karena mekanismenya tidak sesederhana itu.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X