Din Syamsuddin: Sudah Saatnya Indonesia Darurat Virus Corona

- Kamis, 12 Maret 2020 | 11:06 WIB
Din Syamsuddin (ANTARA/M Agung Rajasa)
Din Syamsuddin (ANTARA/M Agung Rajasa)

Ketua Dewan Pertimbangan MUI Pusat M. Din Syamsuddin menilai Indonesia sudah darurat wabah virus corona. Hal tersebut diungkapkan Din dengan melihat wabah virus corona yang telah menjadi pandemi dunia. 

Di mana sudah sekitar 4.500 orang meninggal dunia dan lebih dari 120 ribu orang di mancanegara terjangkit virus mematikan ini. Sementara itu, di Indonesia sudah 34 orang positif virus corona dan satu orang meninggal dunia.

"Menyadari bahwa krisis ini sebagai musibah besar dengan tidak menganggapnya sepele. Adalah cukup beralasan bagi pemerintah Indonesia untuk menyatakan bahwa Indonesia darurat wabah corona," ujar Din dalam siaran persnya mengutip Antara, Kamis (12/3/2020).

Untuk itu, lanjut Din, MUI mengimbau semua pihak baik pemerintah maupun masyarakat perlu meningkatkan rasa keprihatinan tinggi. Selain itu, pemerintah perlu memperketat pengawasan arus masuk manusia melalui semua pintu ke dalam wilayah Indonesia dari mancanegara, khususnya dari negara sumber virus corona. Ia juga mengimbau agar masyarakat lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

"Kepada keluarga besar bangsa, khususnya umat beragama, untuk semakin mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT, memperbanyak doa memohon perlindungan-Nya agar tidak menurunkan adzab yang melampaui batas kemampuan manusia mengatasinya," tuturnya.

Selain itu, sambung Din, perlu dilakukan ikhtiar manusiawi melalui pendekatan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mencegah dan mengatasi persebaran virus corona lebih luas lagi, yaitu dengan memasang alat deteksi dini, khususnya di tempat-tempat umum.

Lebih lanjut Din mengatakan, masyarakat perlu melakukan upaya untuk menjaga kesehatan bersama dengan menghindari langkah yang dapat menularkan virus seperti bersalaman secara tidak higienis. 

"Tidaklah mengurangi keakraban jika, untuk sementara waktu, bersalaman tanpa menyentuh tangan," ucap Din.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X