Supaya Tak Tiap Hari Makan Mie Instan, Ini Tips Sahur Sehat untuk Anak Kos

- Rabu, 29 April 2020 | 21:54 WIB
Ilustrasi sayur-sayuran. (Photo/Ilustrasi/Pixabay)
Ilustrasi sayur-sayuran. (Photo/Ilustrasi/Pixabay)

Anak indekos biasa dengan kehidupan instan, termasuk mengonsumsi makanan mie instan. Hal itu karena dianggap cepat, ringkas, dan murah. Di samping itu, alhi gizi Dr. dr Tan Shot Yen, M.Hum memberikan langkah praktis untuk mengatur pengeluaran dan sahur yang lebih sehat.

Pertama, ia mengatakan untuk mengulangi penghitungan pengeluaran dalam sebulan. Kemudian, kurangi hal-hal yang tidak terlalu penting, termasuk membeli barang yang tidak dibutuhkan.

Gunakan keuangan untuk membelanjakan bahan-bahan makanan yang bisa diolah dan dibeli dengan murah, namun tetap sehat. Bahkan, dr Tan mengatakan bahwa tahu, tempe, dan telur berserta sayur merupakan makanan sederhana yang sangat baik karena memiliki nutrisi yang bergizi.

"Alangkah baiknya kalau kita mulai bikin rencana untuk menghindari bencanda, artinya kalau kita makan apa harus mikir mau belanja apa," katanya lewat IGlive bersama Kemenkes RI, Rabu (29/4/2020).

Selanjutnya, buat rencana makan sangat penting. Menurut dr Tan, belanja adalah meracik bahan seakan siap dimasak semuanya. Sahur yang sudah dipotong, bumbu tempe atau tahu, dan lainnya.

"Begitu mau dimasak, tinggal keluarin aja dan diolah," lanjutnya.

Usahakan jangan memasak sayur terlalu matang, olah sayur sebentar saja seperti membuat pecel atau sup. Selain itu, ia juga mengingatkan untuk tidak lupa mempersiapkan buat dan antioksida yang dapat menguatkan tubuh.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X