Tokopedia Diretas, Kominfo Gandeng BSSN Amankan Data Pribadi Pengguna Platform Digital
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate. (Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso)
News

Tokopedia Diretas, Kominfo Gandeng BSSN Amankan Data Pribadi Pengguna Platform Digital

Untuk meningkatkan pengamanan data pribadi.

Senin, 04 Mei 2020 20:26 WIB 04 Mei 2020, 20:26 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menyatakan, Pemerintah akan melakukan segala upaya untuk menjaga keberlangsungan ekonomi digital di Indonesia. Untuk meningkatkan pengamanan data pribadi pengguna platform digital, Kominfo pun menggandeng Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

"Pemerintah akan terus memastikan agar digital economy khususnya e-commerce dapat berjalan dengan baik dan lancar tanpa adanya gangguan oleh peretas data atau data breach. Setiap usaha peretasan data akan ditindaklanjuti agar tidak mengganggu jalannya e-commerce," ujar Johnny dalam video conference hari ini, Senin (4/5/2020).

Sebelumnya, Johnny menerima laporan dari Tokopedia tentang dugaan sebagian data pengguna yang diretas. Menurut Johnny, Kementerian Kominfo, BSSN dan Tokopedia akan melakukan evaluasi dan mitigasi teknis.

"Secara serius akan melakukan evaluasi, penyelidikan dan mitigasi teknis. Selain itu, melakukan update tentang perkembangannya," ujarnya.

Kata Johnny, dari laporan Tokopedia kepadanya, meski sebagian data pengguna diretas, namun ia memastikan bahwa data akun dan keuangan pengguna dalam kondisi aman.

"Tokopedia menyampaikan data-data keuangan dan akun pelanggan aman. Security system Tokopedia hingga saat ini belum bisa diterobos, walaupun sebagian data terkait nama, email dan telepon barangkali sebagian sudah dimasuki peretas," paparnya.

Johnny juga mengingatkan masyarakat pemilik akun di platform digital untuk mengubah password secara berkala.

"Masyarakat pemilik akun agar selalu mengubah password secara berkala dan menggunakan fitur One Time Password (OTP) agar keamanan akun pribadi dapat terjaga dengan baik," jelasnya.

Ia pun berjanji akan melakukan update perkembangan setelah tim yang terdiri dari perwakilan Kementerian Kominfo, BSSN dan Tokopedia untuk melakukan evaluasi teknis.

"Kami akan melakukan update perkembangan setelah tim yang melakukan evaluasi secara teknis bekerja," tandasnya,

Tokopedia,Menkominfo,Hacker
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate. (Foto: Antara/Wahyu Putro A)

Sementara itu, VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak saat dikonfirmasi indozone menyatakan bahwa pihaknya siap untuk bekerjasama dengan Kominfo dan juga BSSN, untuk melakukan evaluasi secara teknis. Ia berharap, dengan evaluasi tersebut, maka proses mitigasi selanjutnya bisa dilakukan, agar kejadian serupa atau seperti kebocoran data tidak terulang kembali di lain waktu.

"Tokopedia terus bekerja sama erat dengan para mitra strategis, antara lain Kemenkominfo, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), dalam rangka melakukan investigasi menyeluruh, sekaligus meningkatkan sistem keamanan, untuk menjaga kepercayaan pengguna," ujar Nuraini.

"Sekali lagi kami tekankan, keamanan data pengguna adalah prioritas Tokopedia karena bisnis kami adalah bisnis kepercayaan," sambung Nuraini. 


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Sigit Nugroho

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US