Cucu Mbah Moen Minta Pemerintah Perhatikan Nasib Guru Honorer

- Senin, 25 November 2019 | 11:28 WIB
Para siswa menyalami para guru dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional, Senin (25/11/2019). (Antara/Septianda Perdana)
Para siswa menyalami para guru dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional, Senin (25/11/2019). (Antara/Septianda Perdana)

Anggota Komisi X DPR RI, Rojih Ubab Maimoen Zubair, mengatakan pemerintah perlu memberi perhatian lebih kepada guru honorer. Apalagi, hari ini, Senin (25/11), tepat dengan peringatan Hari Guru Nasional.

Pemerintah wajib mengambil langkah karena tenaga kerja guru honorer jumlahnya sangat banyak. Saat ini ada sekitar 250.000 orang guru honorer di seluruh Indonesia,atau 50% dari jumlah tenaga honor K2.

"Momentum Hari Guru Nasional yang selalu diperingati setiap tanggal 25 November harusnya mengingatkan semua pihak, khususnya pemerintah untuk kembali memperhatikan kesejahteraan guru, khususnya guru honorer," kata Rojih di Jakarta, Senin (25/11).

Rojih menganggap para guru tetap mengabdi dengan loyalitas tinggi, meskipun banyak yang tidak digaji layak oleh pemerintah. Alhail kesejahteraan mereka pun cukup rendah.

Banyak sekolah yang memberikan honor sebesar 15% dari dana BOS yang diterima untuk para guru honorer di sekolah tersebut. Rojih menegaskan 15% persen dari dana BOS itu tidak cukup untuk dibagi-bagi kepada guru honorer di sekolah. 

"Bahkan  banyak sekolah yang masih berikan honor sebesar Rp150.000 per bulan untuk guru honorer," ujar cucu dari Ulama Maimoen Zubair (Mbah Moen) tersebut.

Rojih menagih janji pemerintah yang akan mengangkat guru honorer K2 Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Namun janji itu belum bisa dinikmati para guru sampai saat ini.

Banyak guru sekolah, sambung Rojih, terkendala mengikuti sertifikasi karena harus mendapatkan SK Gubernur. Padahal, banyak gubernur yang tidak mau mengeluarkan SK dengan alasan pengangkatan guru dilakukan oleh kepala sekolah,bukan pemerintah daerah.

"Kepada yang terhormat bapak Menteri Nadiem Makarim yang baru menjabat, kami meminta agar memperhatikan berbagai beban yang dimiliki para guru dan memberikan kesejahteraan yang sesuai dengan beban yang ada," ujar Rojih.

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X