Kelola Dana Desa dengan Baik, Desa di Malang Ini Bisa Hasilkan Milyaran Per Tahun

- Rabu, 8 Mei 2019 | 13:12 WIB
Dok. Kemendes PDTT
Dok. Kemendes PDTT

Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang yang menyulap desanya menjadi lokasi wisata berhasil menggaet ribuan pengunjung setiap harinya. Keberhasilan Desa Pujon Kidul dalam mengelola dana desanya memang patut diacungi jempol.

Kepala Desa Pujon Kidul yang bernama Udi Hartoko mengatakan bahkan BUMDes yang dikelolanya berhasil meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes). Total pendapatannya pun tak main-main, yaitu lebih dari Rp 1,3 miliar pada tahun 2018.

Sebelumnya, pendapatan desa tersebut hanya Rp 30 hingga 40 jutaan per tahun. Diyakini bahwa tahun ini, Pujon Kidul mampu meraup PADes Rp 2,5 miliar.

"Tahun 2011 saat saya baru menjadi kepala desa, PADes kita hanya berkisar antara Rp 20-30 juta per tahun. Ada peningkatan signifikan ketika kita mulai mengelola dana desa," ungkap Udi.

"Kita mendirikan BUMDes, kita manfaatkan potensi, kita gerakkan seluruh masyarakat. Tahun 2017, PADes kita meningkat menjadi Rp 162 juta, tahun 2018 Rp 1 miliar lebih, langsung melonjak drastis," lanjutnya.

Di desa ini sendiri ada sejumlah wahana menarik dengan nuansa asri perdesaan seperti kafe sawah, panen hasil pertanian, memerah susu sapi, kolam renang untuk anak-anak, off road, dan juga wisata berkuda.

Di tempat ini juga terdapat spot selfie yang menarik. Jumlah pengunjung yang datang rata-rata sekitar tiga ribu ketika hari kerja dan lima ribu pengunjung saat hari libur.

Menurut Udi, prinsip utamanya dalam mengembangkan BUMDes ialah bisa memberikan dampak kepada aktivitas ekonomi masyarakat. Sejak adanya tempat wisata ini, masyarakat jadi memiliki usaha tambahan.

"Jangan sampai BUMDes besar, masyarakat tidak bergerak. Jangan sampai jalan lurus, bagus, tetapi urbanisasi masif, kemiskinan tidak menurun, pengangguran juga demikian. Tapi bagaimana BUMDes ini berjalan bersama masyarakat menata ekonomi yang memberikan dampak lebih luas kepada masyarakat," tutur Udi.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X