Terkait Viralnya Keraton Agung Sejagat, Jokowi: Itu Hiburan lah

- Jumat, 17 Januari 2020 | 18:52 WIB
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers saat menghadiri Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan Tahun 2020 di Jakarta, Kamis (16/1). (photo/ANTARA/Aprillio Akbar)
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers saat menghadiri Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan Tahun 2020 di Jakarta, Kamis (16/1). (photo/ANTARA/Aprillio Akbar)

Presiden Jokowi melihat kemunculan Keraton Agung Sejagat di Purworejo, Jawa Tengah yang sempat menggegerkan dunia maya dan berujung penetapan tersangka sebagai 'Raja' dan 'Ratu' adalah hal yang menjadi hiburan.

Jokowi memberikan tanggapan saat ditanya oleh wartawan di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, pada Jumat (17/1).

"Itu hiburan lah," katanya sambil tertawa.

Sebelumnya, 'Raja' Keraton Agung Sejagat Toto Santoso dan Fanni Aminadia yang mengaku sebagai Ratu Keraton Agung Sejagat telah ditangkap oleh Polda Jawa Tengah pada Selasa (14/1).

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sendiri sudah angkat bicara soal munculnya fenomena ini. Meski kedua pelaku sudah diamankan, Kemendagri berharap pihak kepolisian terus melakukan pemeriksaan.

"(Kalau itu) Sudah ditangani oleh aparat kepolisian setempat. Ini sudah dicek kami juga sudah koordinasi dengan jajaran Kesbangpol setempat. Tadinya ini kan mau dibungkus ormas nih ya, kemudian ada kegiatan yang diduga kuat sebenarnya bentuk pelanggaran hukum pidana. Nah, ini kita tunggu saja dan percayakan pada kepolisian," kata Plt Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Bachtiar, di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Jumat (17/1).

Bachtiar juga berpesan kepada untuk membuat organisasi dengan harus memperhatikan hukum yang berlaku. Dia meminta masyarakat punya wawasan luas dan tidak mudah percaya pada hal-hal tidak masuk akal.

"Masa era seperti ini kalau kerajaan kan kerajaan di mana? Kerajaan sudah nggak ada," lanjut Bachtiar.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Motor Kepeleset, Dua Jambret Ditangkap di Monas

Senin, 18 Maret 2024 | 14:10 WIB
X