Anies Sebut Ada Satu Negara yang Siap Hadapi Pandemi Seperti Corona, Siapa ya?

- Sabtu, 28 Maret 2020 | 17:23 WIB
Kiri: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (INDOZONE/Murti Ali Lingga). Kanan: Deddy Corbuzier (Instagram/@mastercorbuzier)
Kiri: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (INDOZONE/Murti Ali Lingga). Kanan: Deddy Corbuzier (Instagram/@mastercorbuzier)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, sistem pelayanan kesehatan di seluruh dunia, tidak didesain untuk melayani epidemik apalagi pandemik, misalnya saja seperti virus corona atau Covid-19 yang saat ini terjadi. Tapi, menurutnya ada satu negara yang bisa jadi contoh.

Ini dikatakan oleh Anies Baswedan, saat berbincang seputar virus corona atau Covid-19 dalam tayangan YouTube Channel milik Deddy Corbuzier, Sabtu (28/3/2020).

"Ya memang enggak siap, kalau siap kan dari kemarin-kemarin sudah beres (virus corona). Mungkin ada satu negara, seperti Singapura," kata Anies dalam tayangan tersebut.

Lanjut Anies, Singapura sesudah pengalaman Wabah SARS, melakukan reorganisasi. Belajar dari kasus SARS, Pemerintah Singapura membangun ICU-ICU di rumah sakit swasta. Diketahui, Singapura sempat dilanda wabah SARS (Sindrom Pernafasan Akut Berat) pada tahun 2003 silam.

"Di dalam kondisi emergensi, semua ICU itu dikontrol oleh pemerintah, diambil alih. Dalam kondisi normal, Anda silahkan pakai. Sehingga ketika muncul situasi seperti sekarang, mereka punya cukup banyak ICU. Kita tidak," tukas Anies.

Ia menambahkan, karena itu penting menahan penyebaran, agar jumlah kasus positif meningkat pesat, melampaui kapasitas dan kemampuan penanganan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X