Tiongkok Janji Berikan Bantuan Atasi Covid-19 di Kawasan Pasifik
Tedros Adhanom, direktur jenderal Organisasi Kesehatan Dunia, berjabat tangan dengan Presiden Cina Xi jinping. (photo/REUTERS/Naohiko Hatta)
News

Tiongkok Janji Berikan Bantuan Atasi Covid-19 di Kawasan Pasifik

Kamis, 02 April 2020 18:50 WIB 02 April 2020, 18:50 WIB

INDOZONE.ID - Tiongkok kini telah meningkatkan upaya diplomatik di wilayah Pasifik dengan berjanji akan memberikan bantuan untuk mengatasi wabah pandemi Corona. Sementara itu, saat ini negara wilayah Pasifik tengah menutup perbatasannya dan tak menerima warga negara dari Tiongkok.

Kedutaan Besar Tiongkok pun telah menggelar acara presentasi bantuan di beberapa negara Pasitif setelah Beijing dan berjanji akan mengirimkan bantuan dana US$1,9 juta untuk alat tes dan perlengkapan medis lainnya.

"Ini upaya global oleh China untuk mengubah persepsi awal Januari bahwa Beijing sumber virus, bagi China mereka sumber solusi,” kata Richard McGregor, pengamat di lembaga analis Lowy Institute.

“Jika sistem mereka dimobilisasi tidak hanya mengirim barang ke New York dan Italia tapi bahkan negara-negara kecil, ini memberi kesan bagaimana mereka menggunakan momen ini untuk membangun reputasi China,” tambahnya.

Di samping itu, negara-negara Pasifik semakin jadi prioritas strategis bagi Tiongkok dan Amerika Serikat (AS) serta aliansinya termasuk Australia. Para negara itu berlomba untuk membangun hubungan erat dengan kawasan Pasifik agar dapat mengontrol perairan strategis antara Amerika dan Asia.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
M. Rio Fani
Kana

Kana

Editor
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US