The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Intip 9 Poin Arahan Gubernur Anies Terkait Banjir Jakarta
Warga menaiki perahu karet saat melintasi banjir di Jalan Kayu Putih Raya, Jakarta, Selasa (25/2/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)
News

Intip 9 Poin Arahan Gubernur Anies Terkait Banjir Jakarta

Update informasi menjadi hal utama.

Selasa, 25 Februari 2020 15:42 WIB 25 Februari 2020, 15:42 WIB

INDOZONE.ID - Banjir yang menerjang Jakarta, Selasa (25/2/2020) benar-benar membuat rutinitas dan perekonomian di Jakarta menjadi terganggu. Layanan transportasi massal juga kena imbas, mulai dari Transjakarta hingga layanan KRL Commuter Line.

Menyiasati banjir kali ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan sejumlah arahan kepada seluruh jajarannya. Dia meminta jajaran turun langsung membantu masyarakat yang terdampak banjir.

“Kembali saya instruksikan agar seluruh jajaran turun tangan membantu penanganan banjir, hadir membantu masyarakat,” kata Anies dalam keterangan resminya, Selasa (25/2/2020).

Berikut 9 poin yang menjadi arahan Anies kepada jajarannya.

  1. Pastikan warga dan publik mendapat update informasi yang valid secara terus-menerus.
  2. Siapkan evakuasi warga terdampak. Pastikan tempat-tempat pengungsian segera siap. Kantor-kantor milik pemprov segera disiapkan sebagai tempat pengungsian.
  3. Siapkan dapur umum, pos kesehatan, tenaga kesehatan, obat-obatan makanan siap saji, air minum, alas tidur, toilet umum, dan segala kebutuhan lainnya.
  4. Pastikan keamanan warga di tempat tinggal dan di jalanan. Amankan warga dari bahaya listrik, pohon tumbang, dan lain-lain.
  5. Bantu kelancaran lalu lintas, bantu mobilitas warga di jalan dan amankan transportasi publik.
  6. Jangan posting foto seremonial atau kegiatan kurang penting lainnya, gunakan grup-grup hanya untuk komunikasi penting dan mendesak
  7. Khusus hari ini: tunda pertemuan/rapat yang tak mendesak. Seluruh jajaran agar turun membantu penanganan banjir. Koordinasi dengan wali kota/wilayah terdampak
  8. Wali kota pimpin dan koordinasi seluruh kegiatan di lapangan dengan semua jajaran di wilayahnya. Arahkan jajaran wilayah tak terdampak untuk membantu wilayah terdampak
  9. Seperti biasa, tetap pastikan keamanan, keselamatan dan kesehatan Ibu/Bapak semua dalam bekerja membantu warga.

Seperti diketahui, hujan yang turun sejak Senin (24/2/2020) hingga Selasa (25/2/2020) pagi, membuat sejumlah wilayah terendam banjir. Tak hanya masyarakat Jakarta yang tergenang banjir, kantor kerja Presiden Jokowi, termasuk Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta Pusat ternyata ikut kena dampak.

TAG
Susi Fatimah
Ade Indra
Mula Akmal
Ade Indra

Ade Indra

Writer
Mula Akmal

Mula Akmal

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US