Anies: Bendungan Katulampa Siaga 3, Warga Pinggiran Ciliwung Waspada

- Kamis, 20 Februari 2020 | 12:23 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (INDOZONE/Murti Ali Lingga).
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (INDOZONE/Murti Ali Lingga).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berbagi informasi terkait ketinggian air di Bendungan Katulampa. Melalui akun Instagram-nya @aniesbaswedan, Anies menyebut sudah mencapai ketinggian 150 cm, sehingga air dalam jumlah besar diperkirakan akan sampai ke Jakarta siang nanti.

"Sejak pukul 03.00 tadi muka air di Bendung Katulampa ketinggiannya meningkat terus dan mencapai puncaknya 150 cm pada pukul 05.25 (Siaga 3/Waspada). Ini lebih tinggi daripada puncak pada hari Minggu 8 Februari lalu yang 130 cm.," tulis Anies, Kamis (20/2/2020).

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Anies Baswedan (@aniesbaswedan) on

Anies pun meminta warga Jakarta, khususnya yang tinggal di sekitar bantaran kali Ciliwung untuk waspada. Adapun wilayah yang akan dilewati kiriman air dari Bogor tersebut, yakni Srengseng Sawah, Rawajati, Pangadegan, Cikoko, Pejaten Timur, Kebon Baru, Bukit Duri, Balekambang, Cililitan, Cawang, Bidara Cina, dan Kampung Melayu.

"Dari Katulampa butuh 6-9 jam untuk mencapai Pintu Air Manggarai, atau kira-kira jam 11.25-15.25 nanti. Pukul 09.00 tadi puncak air sudah melewati Depok.? Seluruh jajaran mengabarkan peringatan dini (DEWS) ke kampung-kampung sepanjang bantaran sungai Ciliwung untuk bersiaga.?

Saat ini semua petugas kita bersiaga, teman-teman juga bisa ikut memantau ketinggian muka air lewat JakPantau di aplikasi JAKI. Dan bila membutuhkan bantuan kedaruratan silakan hubungi #JakartaSiaga 112," lanjut Anies.

Seperti diketahui, Bendungan Katulampa adalah sebuah bangunan yang terdapat di Kelurahan Katulampa, Bogor. 1Bangunan yang konstruksinya dimulai pada 1911 ini ditujukan sebagai bagian dari sistem peringatan dini atas debit air yang mengalir ke Jakarta.

Pada saat musim hujan, bendungan ini bisa dilewati air dengan rekor debit 630 ribu liter air per detik atau ketinggian 250 centimeter yang pernah terjadi pada tahun 1996, 2002, 2007, dan 2010.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X