Dicecar DPR soal Harun Masiku, Menkumham Acungkan 2 Jari

- Selasa, 25 Februari 2020 | 18:07 WIB
Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengikuti rapat kerja dengan Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (24/2/2020). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengikuti rapat kerja dengan Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (24/2/2020). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Komisi III DPR mengadakan rapat kerja bersama Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly, Selasa (25/2/2020). Sejumlah anggota DPR pun mempertanyakan keberadaan tersangka dugaan korupsi pergantian antarwaktu (PAW), Harun Masiku.

Anggota Komisi III, Benny Kabur Harman, mencecar Yasonna dengan pertanyaan. Dia bertanya soal kebenaran Harun Masiku masih berada di luar negeri. 

"Saya mengerti, Pak, ini memang butuh kecanggihan intelektualitas agak tinggi untuk memahami ini. Pak Menkumham tadi kan mengatakan bahwa informasi dan pengumuman kepada publik, bahwa Masiku belum masuk itu kan dari alat tadi (CCTV) yang belum dikoneksikan ke server tadi," kata Benny di Gedung DPR RI, Selas (25/2/2020).

Benny melanjutkan, sebuah media massa mengungkapkan Harun Masiku sudah berada di Tanah Air. Media massa itu mendapat data berdasarkan CCTV bandara. 

"Kan begitu, Pak. Pak menteri tidak salah, hanya alat informasinya Pak Menteri relay on alat tadi, sedangkan Tempo (media massa) pada CCTV. Itu saja bedanya," tutur Benny. 

Yasonna kemudian menjelaskan data kepulangan Harun Masiku tidak terkoneksi ke server lokal. Dia mengaku data CCTV itu berada di Angkasa Pura, bukan di imigrasi. 

"Supaya jelas. Jadi data Angkasa Pura menunjukkan, mereka (Tempo) memungkinkan minta ke Angkasa Pura. Pada hari Minggu bahkan Kemenkumham melalui Kakanwil Imigrasi meminta dokumen CCTV ke Angkasa Pura, tidak diberikan dengan alasan libur kerja," ungkap Yasonna. 

Sementara, dalam kesempatan ini Yasonna menegaskan tidak mengenal mantan Caleg PDIP tersebut. Bahkan, Yasonna mengacungkan dua jarinya, yakni telunjuk dan jari tengah untuk meyakinkan Komisi III DPR.

"Sama sekali tidak. Lihat mukanya fisik belum pernah, foto saja. Tidak tahu saya karena itu di tingkat kesekjenan," jawab Yasonna yang kembali mengacungkan dua jarinya untuk meyakinkan DPR.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X