MUI: Virus Corona Bukan Halangan Umat Muslim untuk Beribadah

- Senin, 13 April 2020 | 14:42 WIB
Sekretaris komisi fatwa MUI, Asrorun Ni'am Sholeh (BNPB).
Sekretaris komisi fatwa MUI, Asrorun Ni'am Sholeh (BNPB).

Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengajak umat Muslim Indonesia mempersiapkan diri secara lahir dan batin menjelang bulan suci Ramadan 1441 Hijriah.

“Mari menyongsong Ramadan dengan kesiapan lahir dan batin, fisik dan mental, serta pemahaman baru kebiasaan baru ibadah di tengah Covid-19. Situasi dan kondisi baru menuntut pemahaman baru dan juga cara-cara baru tetap di dalam koridor syariah," kata Sekretaris komisi fatwa MUI, Asrorun Ni'am Sholeh, Senin (13/4/2020).

Ia menilai Ramadan harus dijadikan momentum emas mempercepat penanganan virus corona (Covid-19) dengan etos dan semangat keagamaan.

Melalui pemahaman makna dari syariat Islam, maka Muslim sepatutnya melihat bahwa hal itu sebagai rahmat dan solusi bagi masalah yang dihadapi masyarakat.

"Bagaimana etos keagamaan Ramadan bisa menjadi solusi dengan aktivitas keagamaan kita. Pada satu sisi mengikat, di satu sisi lain menjamin keamanan dan keselamatan bangsa dan negara," jelasnya.

MUI, sambungnya, juga mengimbau agar pelaksanaan ibadah selama Ramadan di tengah kondisi bangsa seperti ini dapat menyesuaikan sesuai protokol kesehatan dan Syariat Islam.

“Covid-19 bukan halangan untuk pelaksanaan ibadah (Ramadan). Menghindari kerumunan yang berpotensi penyebaran virus adalah ibadah di sisi Allah subhanahu wa ta'ala. Pemahaman kita tentang tata cara ibadah harus juga diadaptasikan dengan situasi dan kondisi,” katanya. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X