PM Bhutan, Mengurus Negara Sekaligus Menyambi Dokter di Akhir Pekan

- Selasa, 14 Mei 2019 | 09:30 WIB
AFP
AFP

Perdana Menteri Bhutan, Lotay Tshering tidak hanya mengurus negara. Di akhir pekan, dia justru menghabiskan waktunya dengan bekerja sebagai sebagai dokter.

“Buat saya, ini adalah pelepas stress,” kata Tshering

Tshering terpilih menjadi PM pada pemilu Bhutan 2018 lalu. Pemilu Bhutan tahun lalu merupakan pesta demokrasi ketiga yang digelar di negara itu sejak sistem pemerintahan monarki absolut berakhir pada tahun 2008.

"Ada orang yang bermain golf, ada yang berolahraga panahan dan sedangkan saya suka melakukan pembedahan. Saya merasa senang saja menghabiskan akhir pekan di sini,” kata dia.

Meski posisinya menjadi orang nomor satu di pemerintahan negara berpenduduk 750 jiwa itu, namun tidak ada orang yang canggung dengan kehadiran Tshering di rumah sakit tempat dia bekerja. Tampilannya sederhana dengan jas lab yang sudah luntur dan sandal crocs, dia pun santai berjalan di koridor rumah sakit. Seluruh pegawai rumah sakit bekerja seperti biasa.

Setelah menjadi perdana menteri, Tshering hanya bekerja sebagai dokter pada hari Sabtu dan hari Minggu baginya adalah waktu untuk keluarga.

Tshering memang berfokus untuk menangani masalah kesehatan di Bhutan. Meski Bhutan memiliki angka harapan hidup yang meningkat, penurunan angka mortalitas bayi dan pemberantasan penyakit menular, jumlah penyakit yang berhubungan dengan gaya hidup, termasuk konsumsi alkohol dan diabetes.

"Kami pelan-pelan harus mulai fokus pada perawatan kesehatan kedua dan ketiga," ujar Tshering.

Diketahui, Bhutan negara satu-satunya yang mengukur tingkat kesejahteraan warganya bukan berdasarkan ekonomi, melainkan dengan tingkat kebahagiaan.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X