Trump Lindungi Industri Lobster AS, Ekpor Benih Lobster Indonesia Setara Mendoan, Ironis!

- Kamis, 25 Juni 2020 | 20:48 WIB
Ilustrasi lobster (Unsplash)
Ilustrasi lobster (Unsplash)

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengkritisi Penerimaan Negara Bukan Pajak ( PNBP) yang berasal dari ekspor benih lobster.

Nilai ekspornya hanyalah Rp250 per 1.000 ekor sesuai dengan PP 75 tahun 2015. Dua perusahaan eksportirnya adalah PT ASL yang mengekspor 37.500 dan PT TAM mengekspor 60.000 benih lobster.

Artinya, setiap ekspor 37.500 ekor benih lobster, pendapatan negara hanya Rp9.375 per satu kali ekspor. Lalu, dari PT TAM negara menerima Rp15.000 per satu kali ekspor 60.000 ekor benih lobster.

Menurut Susi, nilai ekspor tersebut sangat kecil dan hanya setara satu bungkus rokok.

"PNBP ekspor bibit lobster Rp 250 per 1.000 ekor. Satu kali ekspor dapat satu bungkus rokok masuk ke rekening negara," sindir Susi dalam unggahan di akun Twitternya, Kamis (25/6/2020).

Namun, berdasarkan keterangan Susi kemudian PNBP telah merevisi dan mengatakan nilai ekspornya adalah Rp1000/ ekor untuk lobster hijau pasir dan Rp1500/ ekor untuk lobster mutiara. Meski begitu, menurut Susi Pudjiastuti nilai ekspor tersebut masih sangat kecil.

"Kalau rp 1000 & rp 1500 sama dg mendoan atau pisang goreng," lanjut Susi.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mencabut larangan ekspor benih lobster yang dibuat di masa Susi. Edhy membantah bahwa kebijakan tersebut untuk menguntungkan korporasi.

Dia mengatakan ekspor benih lobster dilakukan sambil menunggu kesiapan pembudidayaan di dalam negeri. Jika sudah siap, maka benih akan dimanfaatkan untuk pembudidaya dalam negeri.

"PNBP ini sangat transparan, lho. Hanya mereka yang mengekspor saja yang bayar, bukan nelayan atau yang cuma berbudidaya. Aturan PNBP pun disesuaikan dengan harga pasar," terang Edhy.

 

Edhy menambahkan bahwa kebijakan terbaru ini membantu belasan ribu nelayan yang terdampak larangan ekspor di masa Susi.

Halaman:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X